Lakukan Berbagai Persiapan, MTsN 9 Kuningan Siap Sukseskan UNBK 2018

Kuningan, (MR)
Sesuai dengan intruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer, Maka pihak Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 9 Kuningan telah menyatakan siap menyambut pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK) yang akkan digelar 23 – 26 April 2018
Kesiapan itu diungkapkan Kepala MTs Negeri 9 Kuningan, Drs Nana Nuryatna, Sabtu( 27/1/18).
Meskipun masih ada beberapa kendala terkait kekurangan unit komputer untuk memenuhi 33 persen dari jumlah peserta UN ditambah komputer cadangan. “Pada prinsipnya MTs Negeri 9 Kuningan Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan sudah siap untuk mengikuti UNBK yang akan digelar 23-26 April mendatang,” ungkap Nana.
Dikatakan Nana, ruangan kelas dan unit komputer sudah mendekati cukup untuk pelaksanaan UNBK dengan tiga sesi ujian dari jumlah 249 siswa kelas IX MTs Negeri 9 Kuningan. Adapun Komputer yang sudah siap pakai adalah 75 unit. Sehingga kekurangannya 8 unit ditambah komputer cadangan sejumlah 9 unit. Jadi total kekurangan 17 unit Komputer. Untuk memenuhi kekurangan tersebut pihak sekolah mengambil langkah dengan jalan memperbaiki komputer lama yang rusak dengan memanggil teknisi-teknisi yang handal. Langkah ini dirasa pihak sekolah merupakan langkah yang tepat dan ekonomis tanpa harus memungut biaya dari orang tua sisiwa.
“Tahun ini ada 249 siswa yang ikut UNBK. Sebanyak 83 unit komputer ditambah 9 unit komputer cadangan akan kita siapkan tanpa harus memungut biaya dari orang tua siswa. Begitu juga dengan servernya, “ jelas Nana.
Ditambahkannya selain kesiapan sarana dan prasarana, dalam rangka persiapan, siswa juga akan mengikuti program kursus komputer selama 3 (tiga) bulan secara gratis. Tempatnya di laboratorium komputer MTsN 9 Kuningan. Untuk program tersebut pihak madrasah menyediakan 3 ruangan laboratorium komputer dengan fasilitas masing-masing 30 unit komputer. Dalam program ini juga akan diadakan simulasi UN.
“Program kursus komputer dan simulasi dilakukan guna mensosialisasikan yang merata kepada peserta UNBK agar dapat memahami cara pengoperasian komputer dan cara mengerjakan ujian nasional secara online , “ terangnya.
Dengan kerja keras dan kerja sama seluruh elemen sekolah terutama tim UNBK MTs Negeri 9 Kuningan, kita selalu optimis untuk menyongsong dan mensukseskan UNBK tahun 2018. Namun demikian pihaknya berharap agar siswa dapat mengikuti UNBK dengan lancar, lulus 100% dengan hasil yang memuaskan. >>Irwan

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.