mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

KPU OKI Gelar Deklarasi Pilkada Damai

Published on Feb 26 2018 // Nusantara
Kayuagung, (MR)
Guna mewujudkan Pilkada 27 Juni 2018 berlangsung damai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan menggelar deklarasi kampanye damai pemilihan Bupati dan  wakil bupati OKI di halaman stadion segitiga emas Kayuagung, Minggu (18/2/2018)
Deklarasi tersebut juga dihadiri para pendukung dari ketiga pasangan calon nomor urut 1 Iskandar-Djakfar Shodiq (ISO), nomor urut 2 Abdiyanto-Made Indrawnn (Ade) dan nomor urut 3 Azhari-Qomarus Zaman (Aqor) yang dilengkapi berbagai atribut kampanye dan menyorakkan yel-yel bagi kandidat yang didukungnya.
Ketua KPU OKI Dedi Irawan melalui Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Deri Siswadi, S.IP menyatakan, deklarasi kampanye damai ini dilakukan agar pilkada OKI 2018 mendatang berlangsung aman dan damai.
Katanya, deklarasi kempanye damai tersebut juga merupakan bentuk pernyataan perang terhadap semua kegiatan kampanye yang berbau SARA dan politik uang dan juga memerangi berita-berita Hoax. “Berdemokrasi di era digital memang penuh tantangan pertama politik uang dan isu sara. Poltik sara bisa membuat perpecahan untuk itu hari ini seluruh kandidat berkomitmen untuk memberantasnya,”ujar Deri.
Untuk itu, Deri Siswadi mengajak seluruh warga OKI untuk menyukseskan pilkada, baik itu Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel dan Pemilihan Bupati OKI. “Supaya pilkada ini berjalan aman damai dan sukses, dan diharapkan seluruh elemen masyarakat untuk hadir dan memberikan hak suara 27 Juni mendatang di tempat pemilihan suara (TPS),” ujarnya
Kapolres OKI, AKBP ADE Herianto juga mengingatkan kepada seluruh kandidat dan oara pendukungnya untuk berpolitik dengan baik jangan sampai melakukan kampanye negatif dan money politik. “Sebagai salah satu penanggungjawab keamanan apabila ada yang melakukan kampanye negatif dan money politik akan dikenakan sanksi pidana,”jelasnya.
Hal senada juga diungkapkan Komandan Kodim 0402/OKI-OI, Letkol Inf Seprianizar, S.Sos menurut jika melakukan pelanggaran kampanye akan ada konsekuensinya. Maka dari itu dirinya berharap, Dengan deklarasi ini pilkada OKI menjadi pilkada yang aman dan damai.
Sementara itu, Plt Bupati OKI, M Rifa’i SE dalam sambutannya juga mengajak seluruh kandidat bupati OKI agar bisa memanfaatkan waktu kampanye secara maksimal. “Meski berkompetisi kita harus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kedamaian. Kita berdoa pilkada ini dapat berjalan tertip dan damai,”jelasnya.
Adapun isi kesepakatan deklarasi kampanye damai dan pernyataan siap menang siap kalah, yakni mewujudkan Pilbup OKI Tahun 2018 yang berkualitas berasaskan mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektifitas dan aksesibilitas.
Mewujudkan keharmonisan kehidupan masyarakat Kabupaten OKI baik dalam kehidupan beragama, politik, ekonomi, sosial dan budaya, sebelum. selama, dan sesudah Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati (Wabup) OKI Tahun 20l8. Tidak akan menggunakan cara-cara kekerasan, menghina atau menyerang kehormatan pasangan calon lain, dan mentaati semua Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku. Melaksanakan kampanye yang sejuk, aman dan damai, dilakukan dengan cara yang sopan, tertib, dan bersifat edukatif, serta mengendalikan massa pendukung untuk mentaati Peraturan Penindang-undangan yang berlaku.
Menerima dan menyetujui rekapitulasi jumlah pemihh terdaftar. jumlah Tempat Pemungutan Suara, Penyelenggaraan Pilbup dan Wabup OKI Tahun 2018 sesuai dengan program dan tahapan yang telah ditetapkan oleh KPUD OKI berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Menjamin kebebasan pemilih dalam menentukan hak pilihnya. >>Ipan

Leave a comment