mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Kawasan Wisata Danau Teluk Gelam Terbengkalai

Published on Feb 26 2018 // Investigasi-Report

Kondisi lantai dua Hotel Kembar Danau Wisata Teluk Gelam,(MR/Ipan)

Tampak atap yang rusak, (MR/Ipan)

Fasilitas di seputaran Hotel Danau Wisata Teluk Gelam sudah rusak semua,(MR/Ipan)

Kayuagung, (MR)

Objek wisata Danau Teluk Gelam yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, kini terbengkalai, sedangkan tempat wisata tersebut merupakan satu-satunya Aset Wisata Pemkab OKI.
Dari hasil pantauan Media Rakyat di lapangan,  seperti hotel kembar yang selama ini dibangga-banggakan masyarakat Kabupaten OKI  yang berada dipinggir Danau Teluk Gelam serta pondok santai, dermaga dan bangunan lainnya semuanya hancur berantakan, dan menjadi sangkar kelelawar.
Menurut keterangan salah seorang pengunjung yang juga warga OKI, Iwan mengatakan, terbengkalainya Danau Wisata Teluk Gelam diduga kuat semenjak kepemimpinan Bupati OKI, Iskandar, SE.
Karena sebelumnya dijelaskan Iwan, Danau Wisata Teluk Gelam merupakan salah satu lokasi yang sering dijadikan lokasi ajang bergengsi dan selalu ramai dikunjungi. Lokasi ini juga sudah pernah dijadikan tempat Event besar secara nasional seperti PON XVI tahun 2014 dan Jambore Nasional tahun 2011 pernah digelar di lokasi Danau Teluk Gelam, pada saat kepemimpinan  Ir H Ishak Mekki MM, namun tempat wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat OKI ini hanya tinggal kenangan.
Iwan pun menyayangkan tidak adanya kepedulian serta perhatian Pemkab OKI akan keberadaan danau tersebut. Yang sudah dibangun oleh kepemimpinan sebelumnya dengan menggunakan anggaran yang tidak sedikit.
Iwan pun menilai, artinya Pemkab OKI dalam hal ini Bupati Iskandar, SE telah gagal mengolah aset daerah yang hanya tinggal meneruskan serta merawat saja. Sebenarnya Pemerintah Kabupaten OKI pada saat pihak ketiga habis kontraknya langsung di ambil alih oleh Pemerintah Kabupaten OKI, untuk dikelolah kembali jangan sampai fasilitas yang ada seperti gedung hotel hancur seperti saat ini, mengingat untuk memperbaikinya akan menelan dana yang cukup besar, apa lagi terbengkalainya Danau Wisata Teluk Gelam ini sudah lebih dari dua tahun semakin lama tebengkalai semakin banyak yang harus di perbaiki.
Masih menurut Iwan Kedepannya, ia tetap berharap kiranya Pemkab OKI kembali menjaga dan merawat keberadaan Danau Wisata Teluk Gelam sehingga kembali menjadi ramai dan menambah income daerah.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ifna Nurlela saat di konfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, rencana Danau Wisata  Teluk Gelam akan di perbaiki mengingat dana yang akan di butuhkan tidak sedikit karena fasilitas yang ada dibawa semua oleh pihak ketiga yang sudah habis kontraknya, dan gedung hotel sudah banyak yang rusak untuk memperbaiki  pihaknya saat ini  sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan sudah memasukkan usulan di Kementrian PU PR saat ini usulan dan penataan masih dalam proses. >>Ipan

Leave a comment