mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Komitmen Dukungan Pemerintah Kabupaten Kuningan Terhadap GERMAS

Published on Nov 18 2017 // SosEkBis

Kuningan, (MR) – Senam masal dan cuci tangan merupakan salah satu kegiatan wujud komitmen Pemkab Kuningan dalam mendukung gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-53. Kegiatan yang diikuti ribuan warga kuningan ini diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan di Stadion Mashud Wisnu Saputra, Minggu (12/11/2017).

Berkesempatan hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada. Desem (panggilan Dede Sembada) mengulas soal pentingnya berprilaku hidup sehat. Melalui GERMAS diharapkan masyarakat terdorong untuk berperilaku hidup sehat yang nantinya bisa memberikan tanggung jawab pada diri sendiri, keluarga dan lingkungannya. “Melalui upaya seperti ini diharapkan menjadi pendorong bagi masyarakat. Sehat itu milik kita, tidak pandang usia, setiap tahapan siklus hidupnya sejak usia dini hingga lanjut usia harus cinta sehat”, kata Desem.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, H. Raji, SE, MM.Kes saat ditemui pada acara tersebut mengatakan bahwa melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran dan kemauan serta kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. “Puskesmas akan bekerjasama dengan pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa melalui Germas ini sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat yang sehat”, kata Raji.

Hal senada disampaikan Bupati Kuningan H. Acep Purnama pada acara Peringatan Ke-53 Hari Kesehatan Nasional di halaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin (13/11/2017).

“Keluarga merupakan unit terkecil dari kesehatan masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai UU No 36 Tahun 2009. Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk melakukan kebiasaan, perilaku dan gaya hidup sehat.  Hal ini diperkuat dengan peraturan Menteri Kesehatan no 39 tahun 2016 tentang pedoman Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat”, paparnya. >>Irwan

Leave a comment