Fokus ADD Halbar 2015 & 2016 Infrastruktur desa dan Pemberdayaan Sektor Keunggulan Lokal

Asnath Sowo, S.Sos, MsiHalmahera Barat, (MR)
Tujuan alokasi dana desa (ADD) seperti yang tercantum dalam permendes no.5 tahun 2015 tentang penetapan perioritas penggunaan dana desa tahun 2015 pasal 5 dinyatakan bahwa dana tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarkat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan. Melalui pengembangan potensi ekonomi local itu ADD juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung target pembangunan sector unggulan seperti kedaulatan pangan, energy dan kemaritiman kelautan.

Kabupaten Halmahera Barat memiliki 170 jumlah desa dengan besaran ADD di tahun 2015 adalah sebesar Rp.45.329.588.000. menurut kepala badan pemberdayaan masyarakat dan desa Halmahera Barat Asnath Sowo, S.Sos, Msi, dana sebesar itu telah dicairkan ke 170 desa dengan system pencairan secara bertahap yakni tahap satu 40% atau sekitar Rp. 18 Milyar, tahap dua 40% dengan nilai yang sama dan tahap ketiga sebesar 20% dengan nilai Rp. 8 Milyar lebih.

Menurut Asnat, arah penggunaan dana desa tersebut lebih difokuskan untuk infrastuktur pedesaan seperti saluran, jalan setapak, MCK dan infrastruktur lainnya. Selain untuk infrastruktur diperioritaskan juga pemberdayaan ekonomi rakyat khususnya dibidang pertanian dan perikanan. “dana desa 2015 itu kita focus untuk pembangunan ifrastruktur pedesaan oleh karena kebutuhan tersebut dinilai belum representative. Selain itu kita focus juga untuk peningkatan kapasitas berbagai kelompok tani dan nelayan yang ada disetiap desa. Dasar pikirnya oleh karena dengan melihat keunggulan local untuk Halbar dominannya adalah sector pertanian dan perikanan.” Ungkapnya pada media rakyat.

Setiap desa besaran anggarannya bisa berbeda-beda. Keberbedaan ini lebih dilihat dari aspek geografis berupa luas wilayah, aspek demografi atau jumlah penduduk kemudian katagori jumlah penduduk miskin atau penduduk dengan tingkat pendapatan ekonomi tergolong rendah. Disamping itu indeks kesulitan geografis seperti aksesbilitas transportasi dan ekonomi.

Ditambahkan juga untuk 2016 total dana desa untuk Halbar adalah Rp.101.717.600.000 milyar. Dari jumlah tersebut tahap satu ADD 2016 untuk halbar sudah direalisasi langsung ke Rekening Desa. Ia berharap dalam realisasi penggunaan dan pemanfaatan dana tersebut dapat dikelola secara baik sesuai petunjuk teknis dan pedoman umum permendes no 21 tahun 2015 tentang perioritas penggunaan dana desa khusus tahun 2016. >>Ateng

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.