Emil Tinjau Lokasi Tanah Gerak di Desa Terbis Panggul

Trenggalek, (MR)
Bencana alam akibat kondisi cuaca yang tak menentu terus melanda beberapa wilayah di Kabupaten Trenggalek. Seperti kejadian tanah gerak di Desa Terbis Kecamatan Panggul beberapa waktu lalu. Akibat bencana tersebut beberapa rumah warga mengalami kerusakan cukup parah. Dan warga yang terdampak bencana tanah gerak tersebut terpaksa harus mengungsi untuk sementara waktu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Jum’at (16/12), Bupati Trenggalek bersama beberapa SKPD dan BPBD melakukan peninjauan langsung ke lokasi tanah gerak yang terjadi di Desa Terbis, Panggul. Pada kesempatan tersebut, Bupati Emil Dardak sekaligus menyampaikan bantuan kepada sejumlah warga yang rumahnya terkena dampak tanah gerak.

Bupati Emil Dardak mengatakan bahwa kejadian tanah gerak yang terjadi di Desa Terbis berbeda dengan di titik-titik lain wilayah Trenggalek. “Tanah gerak di titik lain memang semacam alur yang kemudian melebar, tapi kalau ini seluruh porsinya ambles semua, sehingga luasnya berhektar-hektar ini ambles semua,” terang bupati.

Bupati juga menekankan untuk terlebih dahulu mengamankan keseharian masyarakat. Sehingga untuk warga yang rumahnya terdampak bencana tersebut dianjurkan untuk mengungsi. “Tadi saya sampaikan dan instruksikan juga kepada Pak Camat, kita berikan bantuan supaya mereka setidaknya bisa kontinyu kesehariannya,” imbuh Emil Dardak.

Dari sekitar 40 rumah warga, terdapat 10 rumah yang rusak. Saat ini juga dilakukan sistem siaga 24 jam untuk memantau kondisi alam serta cuaca. Dan ketika terjadi tanda-tanda seperti curah hujan yang cukup tinggi, warga harus segera dievakuasi.

“Kalau memang harus relokasi kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait, karena lahan disini kebanyakan lahan hutan negara,” ucap bupati.

“Saya tadi sudah minta, tolong nanti pakai drone segera dilakukan mapping dari atas, saya akan kirim video ini kepada semua pakar-pakar yang ada di UGM, PU untuk segera kita pikirkan bagaimana kira-kira yang terbaik untuk kasus ini,” pungkas Emil Dardak kepada media. >>Sur/Hms

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.