Promosi Pariwisata Dengan Jeep Rally

Kabupaten Malang, (MR)
Makin banyaknya destinasi wisata pantai di kabupaten Malang terutama wilayah Jalur Lingkar Selatan masih harus di genjot dengan banyaknya promosi yang dapat mendatangkan wisatawan. Masih dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Malang ke 1256, pemerintah Kabupaten Malang mengadakan wisata jeep rally 2016 yang di ikuti sekitar 360 kendaraan sabtu pagi (17/12).

Mengambil start di halaman luar stadion Kanjuruhan dan finish di pantai Kondang merak, peserta rally yang di dominasi kendaraan jeep ini, di berangkatkan bupati malang Rendra Kresna dengan di tandai kibaran bendera oleh bupati Malang tersebut. Tampak peserta rally yang berasal dari SKPD lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang,dan masyarakat umum berjajar tertib sambil menunggu waktu untuk di berangkatkan oleh Rendra.
Rute yang harus dilalui peserta tersebut adalah stadion kanjuruhan-Gondanglegi-Pagelaran- Gedangan-Sitiarjo-Rowotrate-pantai Ngudel dan finish di pantai Kondang Merak Kecamatan Bantur.

Menurut Rendra Jeep Rally ini sudah diselenggarakan pemerintah kabupaten Malang sebanyak enam kali.
“Acara ini selain dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Malang juga untuk sarana promosi wisata khususnya wisata pantai yang di miliki Kabupaten Malang,karena itu kita perlu terus menggenjot kunjungan wisatawan ke kabupaten Malang khususnya wisata pantai yang menaw-arkan keindahan dan ciri khas tertentu,”ujar Rendra
Tidak itu saja ,imbuh Rendra rally kali ini juga di selingi dengan pemberian bantuan sembako kepada 160 orang kaum dhuafa di desa Ringin Sari Sumbermanjing Wetan dan kegiatan penanaman bibit pohon di pantai Ngudel kecamatan Gedangan.

“Bhakti sosial ini berupa pemberian bingkisan paket sembako untuk 160 penduduk kurang mampu adalah bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Malang dalam mewujudkan program pengentasan kemiskinan,”imbuhnya.
Pantauan Media Rakyat jeep rally yang melewati wilayah jalan pedesaan dengan latar belakang pemandangan alam yang indah dirasakan para peserta Rally yang juga melibatkan kepolisian resort malang dalam pelaksanaan nya.
Dalam sambutan singkatnya Ketua DPW Nasdem Jatim ini mengharapkan bantuan yang di berikan pemerintah ini dapat bermanfaat.

“Program ini adalah bentuk kepedulian pemerintah kabupaten Malang kepada masyarakat dalam upaya pengentasan kemiskinan yang menjadi salah satu prioritas kerja kami,dengan harapan taraf hidup masyarakat menjadi terangkat dan lebih baik,”pesan Rendra.

Usai memberikan bantuan, rombongan kembali melanjutkan perjalanan rally melewati jalan desa di wilayah Sumbermanjing Wetan yang terkenal dengan hasil cengkeh nya ini,jalanan berliku mampu di lewati peserta dengan selamat.

Lagi-lagi terlihat keseruan saat Rendra melewati Desa Rowotrate, ratusan masyarakat berjajar di pinggir jalan menyambut rombongan bupati yang di ikuti wakil bupati HM Sanusi dan Sekda Abdul Malik,Kabag Bintal Nurhasyim, tak pelak suasana ramai terlihat di jalan desa yang masih alami tersebut.

“Terima kasih saya ucapkan kepada warga desa Rowotrate atas sambutan dan hadiah ini,saya ijin melanjutkan perjalanan nggeh,”ujar Rendra. Usai menyapa warga Rowotrate , rombongan peserta rally bersama bupati melanjutkan perjalanan menuju pantai Ngudel untuk melakukan penanaman puluhan ribu pohon di wisata pantai yang terkenal tersebut. Perjalanan yang memakan waktu sekitar 2 jam dari Desa Rowotrate mampu di lalui hingga memasuki pantai Ngudel Kecamatan Gedangan tersebut.

Menurut Rendra Penanaman pohon tersebut merupakan upaya penyelamatan lingkungan dari bahaya longsor yang akhir-akhir ini sering terjadi.

“Kita tidak mewariskan bencana kepada anak-anak kita, tapi ini adalah salah satu bentuk warisan yang akan dinikmati kedepanya, dan penanaman pohon ini adalah upaya penyelamatan lingkungan yang harus disegerakan, karena dengan konservasi alam berkelanjutan nantinya selain menambah keindahan pantai Ngudel ini juga akan menjadi penguat dan penahan dari bahaya banjir dan tanah longsor hingga penahan dari gerusan air laut,”tegasnya.

Usai memberikan pengarahan kepada peserta Bupati kelahiran Madura ini memberikan penghargaan lingkungan dan bibit pohon kepada perwakilan aktivis penggiat lingkungan yang di pimpin Kepala Badan Lingkungan Hidup Tridiyah Maestuti. Usai menggelar penanaman massal rombongan rally bersama bung Rendra bergerak menuju garis finish di pantai Kondangmerak Kecamatan Bantur yang masih berada di kawasan JLS ini.

Setibanya di pantai Kondang merak rombongan peserta Rally dengan Bupati Malang disambut tarian beskalan dan melakukan pengundian kupon dengan hadiah utama sepeda motor yang di raih staf Binamarga Kabupaten Malang.
“Dalam sambutannya bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang mengikuti rally yang keenam di selenggarakan ini.

Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang mampu menjaga ketertiban selama berkendara hingga mampu mencapai garis finish meski dengan susah payah,”kata Rendra.

Ayah ketua DPD KNPI Kabupaten Malang Kresna Dewanata Prosakh ini menceritakan pengalamannya saat masih menjabat Wakil Bupati enam tahun yang lalu, menurutnya tempo waktu yang di butuhkan menuju pantai Kondangmerak ini dari pantai Balekambang hanya sekitar 15 menit.

“Tapi sekarang perjalanan dari pantai Balekambang memakan waktu 1 jam, dengan medan yang sangat berbahaya seperti ini,dan ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisata dan praktis roda ekonomi masyarakat takan terhambat dan tidak bisa meningkat,” ungkap Rendra.

“Saya minta kepada Sekda dan Kepala Dinas Binamarga serta camat Bantur untuk mengkomunikasikan dengan pihak perhutani,kita tawarkan bentuan kepada Perhutani untuk mengaspal jalan ini tahun depan,meski ini menjadi kewenangan perhutani,” tegasnya. Usai memberikan sambutan dan penyerahan hadiah acara di lanjutkan dengan hiburan musik yang disuguhkan panitia hingga larut malam. >>Giz

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.