Akibat Rujukan yang Tak Pasti Warga Miskin Terjebak Dalam Persalinan

Karawang, (MR)

Bagi masyarakat pengguna Jamkesmas, Jamkesda juga Jampersal. Sa’at persalinan sebaiknya lebih awal datang ke Puskesmas atau bidan desa terdekat, ketika terjadi persalinan di luar normal maka pihak Puskesmas/ Bidan desa harus lebih sikap merujuknya ke Rumah Sakit Umum Daerah terdekat, agar terwujud ibu lahir selamat dan bayi di lahirkan sehat, selain itu juga Puskesmas/ Bidan desa harus lebih pasti dan tanggungjawab pada surat rujukan yang di buatnya dan keterangan dalam diagnosa  harus pasti.

Halnya pihat RSUD Karawang dapat menerima persalinan yang menggunakan Jamkesmas/Jamkesda Juga Jampersal yang persalinannya di luar normal, bagi yang normal program tersebut tidak dapat di terima/ harus bayar, karena itu pihak Puskesmas/ Bidan Desa harus hati-hati dan jangan asal-asalan dalam membuat rujukan dan keterangan/ diagnosa  agar masyarakat tidak terjebak biaya persalinan di RSUD.

Akibat dari pembuat rujukan dan keterangan yang tidak sesuai dengan kenyataan, hal tersebut juga dapat dipahami oleh para petugas desa, ketika masyakat yang hendak bersalin dan di rujuk ke RSUD Karawang keluarga atau petugas desa memohon tanggung jawabnya atas surat rujukan dan keterangan yang di buat oleh pihak Puskesmas/ Bidan desa. Hal tersebut agar tidak terjadi kesalah pahaman antara pihak RSUD Karawang dengan pihak keluarga pasien bersalin. >>Cece/W

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.