Walikota Tanjungpinang Serahkan Bibit Lada Kepada Petani

Tanjungpinang, (MR)
Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd menyerahkan bibit lada kepada para petani Kota Tanjungpinang, Selasa (2/10/2018) di Perkebunan Bukit Manuk, Senggarang. Kegiatan ini ditaja oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang.
Syahrul dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh petani Tanjungpinang yang telah berinovasi untuk mengubah lahan Tanjungpinang menjadi lahan pertanian yang baik. “Sebenarnya kultur tanah di Tanjungpinang ini sulit untuk bertani, dengan berkembangnya teknologi dan inovasi dari para petani membuat Tanjungpinang memiliki lahan pertanian yang cukup baik dan berdaya guna,” ungkapnya.
Ia juga mengatakan pemberian bibit tanaman lada ini diharapkan para petani dapat membudidayakan, merawat dan hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Lada ini sangat baik untuk dibudayakan semoga berhasil dan Tanjungpinang bisa merujuk serta mencontoh Pangkalpinang yang sudah berhasil menjadi daerah penghasil lada. Pengadaan bibit ini merupakan program pemerintah, pergunakan dengan sebaik-baiknya, semoga memperoleh hasil yang baik juga,” harap Syahrul.
Ia menambahkan terkait pencanangan Bukit Manuk akan menjadi destinasi agrowisata, ia sangat menyambut baik rencana tersebut. “Kita akan coba koordinasi dengan Dinas Pendidikan melalui sekolah-sekolah untuk dapat berkunjung ke Bukit Manuk. Disini para siswa dapat mempelajari mengenai tanaman, teknik bercocok tanam dan pengolahan tanaman. Semoga ini dapat kita wujudkan,” pungkasnya.
Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepri Dr. Ir. Mizu Istianto mengatakan penyelenggaraan Sekolah Lapangan Pengembangan Tanaman Perkebunan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyar-akat tentang budidaya tanaman lada dan meningkatkan perekonomian petani.
“Disini kita akan memberikan materi tentang teknik budidaya tanaman lada mulai dari pengolahan lahan, pemupukan, penanaman, panen dan pasca panen. Para petani juga melakukan pengenalan dan pengendalian hama penyakit bagi tanaman lada,” ungkap Mizu.
Pada acara ini juga disejalankan dengan penyerahan bibit lada dan juga peresmian kebun koleksi buah-buahan tropika Bukit Manuk sebagai kawasan Agrowisata di Kota Tanjungpinang yang diresmikan langsung oleh Walikota Tanjungpinang dengan ditandai pengguntingan pita.
Acara ini turut dihadiri Ketua Komisi 2 DPRD Kota Tanjungpinang, Hj. Mimi Betty Willingsih, S.IP, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Hj. Raja Khairani, S.Sos, MM, Plt. Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Raja Kholidin, Kabag Ekonomi Pemko Tanjungpinang, DR. M. Amin, Camat Tanjungpinang Kota, Lurah Kampung Bugis dan seluruh petani se-kota Tanjungpinang. >>Hms/Dn

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.