Jumat Berkah, Hari Penuh Kebaikan Untuk Sesama (SMPN 1 Kayen)

Kediri, (MR) – Di alam ini terdapat tujuh hari dalam satu pekan (seminggu). Dalam seminggu Allah SWT selalu memberikan rahmat-Nya yang besar. Namun di antara tujuh hari tersebut, terdapat hari yang disebut-sebut menjadi hari yang paling membawa berkah, penuh kebaikan, dan keutamaan yaitu Hari Jum’at. Nabi Muhammad SAW bersabda” sebaik-baik hari matahari terbit padanya adalah hari Jum’at, pada hari ini Adam diciptakan, dan hari ini pula Adam dimasukkan dalaam Syurga, dan tidak akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR,Muslim).
Keluarga besar SMPN 1 Kayen, Kabupaten Kediri adalah sebagai besar Umat muslim tentu mempercayai yang sudah diajarkannya, sehingga sebagai bentuk exspresi kecintaan Nabi, maka setiap hari Jum’at selalu melaksanakan, atau menggelar Jum’at berkah dengan berdo’a, dan berbagi makanan. Bertempat di ruang Sekolah Kepala beserta seluruh Guru, Staf, Karyawan bersama-sama berbagi terutama pada siswa-siswinya yang kurang mampu.
Muhadi Asnuri (Kepala Sekolah) menjelaskan,” Kegiatan ini dilakasanakan rutin setiap hari Jum’at selain bentuk syukur kepada Allah SWT, menumbuhkan, dan mengembangkan rasa peduli terhadap sesama pada diri anak-anak dengan berbagi sedikit rizki yang kita miliki dalam bentuk makanan. Insyaallah kegiatan akan Kami pertahankan, ini juga sebagai teladan bagi anak-anak bisa melakukan hal yang sama kepada temannya atau oarang lain.”
Lebih lanjut ,”Jum’at berkah ini merupakan salah satu budaya SMPN 1 Kayen yang positif. “Salah satu tujuan Jum’at Berkah agar siswa selalu bersyukur pada Allah setiap saat, juga untuk menghindari agar para siswa tidak melakukan hal yang tidak baik, santun, dan selalu berpedoman kepada agama setiap tindakan mereka,” tuturnya..
Keemudian dari Anis Zulaika, & Marsita Sriwahyuni (Guru penggagas Jum’at berkah) mengatakan,” untuk membiasakan siswa makan pagi sebelum berangkat sekolah, sehingga anak akan siap dalam menerima pelajaran. Selain itu, mengajak siswa untuk menikmati indahnya kebersamaan, dan mensyukuri nikmat Allah. Kami berbagi keberkahan hari Jum’at mampu kita jadikan sarana untuk saling berbagi kepada saudara kita, dan anak-anak kita.”
Beliau juga mengucapkan terima kasih banyak atas terselenggaranya Jum’at Berkah yang sudah menjadi rutinitas setiap Hari Jum’at. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan itu ,bahwa hidup akan jauh lebih bermakna ketika saling berbagi. Berbagi tidak hanya tentang uang, tetapi juga makanan, waktu dan tenaga.
Disisi lain ketika masuk diarea SMPN 1 Kayen suasana terasa tenang, asri ,dan nyaman dengan nampak wajah guru-guru yang enjoy gembira, ternyata SMPN 1 Kayen sudah dianugrahi Adiwiyata tingkat Kabupaten. Tetap semangat bismillah, dan niat ibadah yakin ke depan SMPN 1 Kayen semakin berkembang maju. (Ag)

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.