HARGA PALA SEDIKIT ANJLOK , YAYAT BERHARAP PEMDA FOKUS DORONG PRODUKTIFITAS DAN KUALITAS HASIL BUMI

Maluku Utara, (MR) – Sampai dengan sabtu 18 september harga komoditi hasil bumi berupa Pala sedikit anjlok atau alami penurunan . Saat dikonfirmasi awak mediaraktatnews.Com , pimpinan CV. Bumi Sentosa : Yayat menyebutkan berdasarkan informasi yg didapat dari sejumlah pembeli atau perusahan yang ada di Surabaya , penurunan harga ini dipicu oleh daya beli market ( pasar ) ekternal lagi mengalami penurunan ( sepi ) .

Yayat yang juga pelaku usaha perdagangan hasil bumi khususnya komoditi Pala ini berharap dalam waktu dekat harganya bisa kembali stabil seperti semula . Ini demi membantu Petani Pala yang ada khususnya di Maluku Utara .

” Sebelumnya harga Pala itu per KG itu Rp 123 .000 , sekarang menurun tinggal Rp.120.00 . Kita berharap harganya bisa kembali seperti semula atau bisa naik lagi . Ini demi untuk meningkatkan kesejahteraan Petani Pala ” harap Yayat .

Demi untuk peningkatan produktifitas dan kualitas hasi bumi Ia berharap kepada Pemda khususnya Dinas Pertanian baik Kabupaten Kota maupun Provinsi agar intens memfokuskan program pemberdayaan Petani melalui peningkatan produktifitas dan kualitas hasil pertanian tahunan ( hasil bumi ) berupa Pala dan komoditi lainnya.

” Kita berharap fokus program itu berupa penyediaan dan pemberiaan bibit unggul , penyediaan pupuk , perlunya penyuluhan dan pendampingan terhadap Petani . Kita berharap jika ini bisa tercapai produk hasil bumi kita tidak akal kalah berhasil dengan daerah lain” cetus Yayat . (KOKO ATENG MRC)

Loading

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.