Gelaran Akbar HUT Anambas Berlangsung Meriah

Anambas,(MR)
GELARAN Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas yang diselengga-rakan dari Jumat (15/06) sampai Minggu (24/04) silam berlangsung sangat meriah. Gelara yang melibatkan hampir seluruh SKPD KKA dan ormas tersebut tampak menggambarkan sukacita warga KKA dalam merayakan Ulangtahun KKA yang ke-4.
Rangkaian kegiatan terse-but dimulai dengan dihelatnya malam apresiasi siswa yang diadakan oleh Dinas Pendidi-kan KKA pada 16 Juni silam. Sebagai pembuka, Disdik KKA bisa dikatakan berhasil menampilkan event pembuka yang meriah. Event tersebut dihadiri oleh  hampir seluruh civitas akademis dan siswa yang ebrada di seluruh KKA. “Dibuka dengan acara malam apresiasi siswa pada 16 Juni. Malam apresiasi siswa itu dibuat untuk memberikan apresisasi kepada seluruh pelaku pendidikan, mulai dari guru, kepala sekolah dan siswa yang telah berusaha mendongkrak prestasi KKA dari segi pendidikan. Kita berikan penghargaan kepada semua prestasi yang mereka raih,” jelas Kadis Pendidikan, Herianto.
Tidak mau ketinggalan dengan Disdik, Dinas Kesehatan KKA juga menghelat beberapa acara demi memeriahkan perhelatan akbar HUT KKA yang ke-4. Diantara kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinkes antara lain adalah pemberantasan sarang nyamuk dan lagon, penyuluhan dan pelayanan kesehatan serta sosialisasi deteksi dini Kanker.
Badan Lingkungan Hidup juga mengundang seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melakukan gotong-royong(Goro) di seluruh Kota Tarempa pada Kamis (21/6). Kegiatan BLH ini mengangkat tema “Anambas Berseri (Bersih, Asri dan Indah)”. Kegiatan BLH ini juga mendapatkan apresiasi positif dari Wakil Bupati KKA, Abdul Haris, SH. “Pemerintah sangat memberikan apresiasi dan kedepan kegiatan terus berlanjut, SKPD berperan aktif membersihkan lingkungan minimal 50 meter dari kantor masing-masing,” kata Haris.
Memeriahkan HUT KKA, Bappeda KKA menggelar Coffe Morning dengan tema “Peran Masyarakat dalam menyongsong Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru nasional bertaraf Internasional dengan mendatangkan dua narasumber dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta. DalamAcara yang dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat tersebut  T Mukhtaruddin mengatakan, kegiatan coffe morning merupakan agenda rutin Pemkab Anambas dalam menyerap masukan dari seluruh masyarakat untuk mengembangkan ekonomi masyarakat.
KKA yang sarat akan budaya juga tidak ketinggalan menghelat parade kebudayaan. Kali ini giliran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KKA yang menggelar parade kebudayaan. Pawai tersebut dilepas oleh Wakil Bupati KKA, Abdul Haris, SH di depan kantor Bupati yang diikuti oleh seluruh Kecamatan dan ormas yang berbau kebudayaan. “Parade kebudayaan ini memperkenalkan kepada seluruh masyarakat bahwa saat ini penduduk Anambas dari berbagai daerah memiliki kebudayaan masing-masing,” ujar Haris.
Setelah acara Disparbud, Lapangan SUlaiman Abdulah Tarempa sudah dipenuhi stand-stand pamrena Usaha Kecil Menengah (UKM) yang memamerkan beberapa potensi UKM yang ad di KKA. Ternayta Disperindag Kop dan UMKM yang punya andil mendirikan stand tersebut. Dalam HUT KKA ini DEInas yang dipimpin Said Baswidan ingin mencoba memamerka potensi UKM yang ada di KKA. “Disperindag mencoba menggali dan memamerkan potensi UKM yang bisa diusahakan oleh masyarakat dari setiap kecamatan,” demikian kata panitia penyelenggara stand pameran dari Disperindag.
Malam hari tidak kalah ramainya dengan event siang hari. Malam hari kembali Disparbud Pora menggelar acara malam seni yang menampilkan setiap kesenain khas dari amsing-masing kecamatan. Malam pertama dibuka dengan 3 kecamatan yaitu Jemaja, Jemaja Timur dan Siantang Timur. Ketiga kecamatan itu menampilkan kesenian khas yang exotis, dimulai dari Gobang sampai kuda lumping yang extreme.
Ormas dan LSM tidak mau kalah dengan SKPD. Pemuda Pancasila (PP) menggelar acara pompong laju yang digelar di pelabuhan Lanal Tarempa. Acara tersebut memperlombakan balapan kendaraan air yang biasa disebut pompong. Selain itu PP juga menggelar makan gratis dari stand- stand jajanan yang ditampilkan sepanjang jalan Tarempa.
Sementara itu DPRD KKA mengeglar sidang paripurna istimewa di ruang sidang paripurna. Dalam sidang itu Bupati KKA mulai menilik kembali sejarah terbentuknya KKA sampai cita-cita awal pembentukan KKA. Tidak hanya itu, Tengku juga mereview semua kemajuan dan perkembangan yang telah terjadi di KKA semenjak menjadi Kabupaten.
Malam puncak perayaan HUT Anambas digelar di lapangan Sulaiman Abdullah pada Minggu (24/06). Acara tersebut dihadiri hampir seluruh masyarakat KKA yang ada di Tarempa. Malam puncak tersebut menghadirkan seorang Artis dari Provinsi dan 2 orang artis ibukota. Sontak masyarakat merasa terhibur dengan kedatangan artis-artis pendukung acara tersebut. Kendati berdesak-desakan utnuk menyaksikan puncak perhelatan akbar tersebut, akan tetapi masyarakat masih bisa menyaksikan event tersebut dengan aman dan damai. >>  Eichiro/ Edo

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.