Thursday, 15/11/2018 | 10:51 UTC+7
Media Rakyat

Dinkes Ciamis Wujudkan Enam Indikator Dalam Germas

Ciamis, (MR)
Dinas kesehatan Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Gebyar Germas (Gerakan Masarakat Hidup Sehat), bertempat di gedung Islamic Centre, Selasa (14/8/2018). Dalam kegiatan terdiri diantaranya gebyar lomba senam kreasi Germas, penghargaan program promise kesehatan tingkat Kabupaten Ciamis, deklarasi Desa ODF, peringatan hari lanjut usia ke-22 tahun, lomba fashion show batik Lansia, lomba kudapan sehat balita dan Lansia, dan memberikan penghargaan kepada 4 Desa atas pencapaian Desa ODF di ikuti oleh 37 Puskesmas se-Kabupaten Ciamis.
Menurut Drg. Engkan Iskandar selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dalam sambutannya sekaligus pembuka acara menyampaikan, tujuan pembangunan kesehatan berdasarkan pasal 3 undang undang nomor 36 tahun 2009 untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.
“Sebagai investasi pembangunan sumber daya manusia yang produktif, prinsip peyelenggaraan membangun kesehatan diantaranya dapat dilihat dari program Indonesia sehat melalui pengetahuan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat agar terwujud derajat kesehatan yang optimal melalui terciptanya prilaku hidup sehat,” ungkapnya
“Sehingga terwujud sebagai bangsa yang mandiri Dan sejahtera, dalam satu bentuk kebijakan operational Indonesia sehat yaitu melalui Germas, untuk mewujudkan Germas melaui 6 indikator diantaranya edukasi hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pencegahan Dan diteksi dini penyakit, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan prilaku hidup sehat, peningkatan aktifitas fisik,” tambah Engkan.
Sedangkan di tahun 2018 lebih di fokuskan kepada 5 indikator yaitu melakukan aktifitas fisik, komsumsi sayur dan buah, serta memeriksa kesehatan secara berkala, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.
Lebih lanjut Kadinkes menyampaikan, “Germas ini merupakan program baru sehingga masih belum banyak pihak yang mengetahui termasuk di intitusi kesehatan sendiri padahal tugas sector kesehatan dalam gerakan masarakat hidup sehat melalui kegiatan advokasi dan pembinaan, perwujudan kawasan sehat, penggalangan kemitraan dan peran serta masarakat, kampanye Germas dan edukasi masarakat, diteksi dini penyakit menular dan tidak menular, dan menyediakan pasilitas layanan yang bermutu, selain itu pelaksanaan Gebyar Germas tahun 2018 ini merupakan rangkaian kegiatan. Hari Jadi Ciamis yang ke-376 tahun, ASEAN game ke-18 Jakarta-Palembang, Dan Hari ulang tahun RI ke-73 tahun dengan tema Kerja Dan enerjik,” jelasnya.
Masih di tempat yang sama Uus Sukmara, Skm selaku Sekertaris Dinas Kesehatan Provinsi Jabar menambahkan, “dalam rangka pelaksanan kegiatan ini guna mendorong pencapaian masarakat mandiri dalam kesehatan, kemudian saya mengikuti acara pencanangan Germas nasional waktu itu di Kabupaten Bogor, rasanya pelaksanaan Germas di Kabupaten Ciamis jauh lebih hebat di bandingkan pencanangan Germas di tingkat national,” tutup Uus. >>Heri
About

pembawa suara pembangunan bangsa

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.