Desa Gampengrejo Galakkan Gerakan Jumantik

Kediri, (MR)
Dengan banyaknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Desa Gampengrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri malakukan gerak cepat pencegahan, dan pembasmian sarang, jentik, nyamuk untuk mengurangi kasus DBD. Desa Gampengrejo mendirikan Program Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik (Juru Pemantau Jentik).
“Ayo kita galakan program satu rumah satu kader jumantik, Dan melakukan pemantauan jentik. Kami juga mendatangkan ribuan ekor ikan cupang untuk Kita bagikan kepada seluruh warga Desa secara percuma setelah divogging,” ujar Mugiyono (PJ).
Beliau menambahkan, “Fogging bukan cara yang optimal dalam memberantas nyamuk dengue. Karena fogging hanya membunuh nyamuk besar saja, sedangkan jentiknya masih berkembang biak dalam air yang menggenang.oleh karena itu Kami bersama warga serentak guyup rukun bersama sigap menuntaskan(perang dengan nyamuk),” ucapnya.
Tanpa mengenal canggung/risih sedikitpun PJ Kades yang satu ini dengan semangat berbaur warga membersihkan seluruh area tempat-tempat sarang nyamuk berkembang biak, termasuk tempat-tempat pengusaha rosok,atau tempat lain yang ada potensi nyamuk.
Kegiatan Jumantik tersebut diadakan atas kerjasama dengan seluruh elemen Masyar-akat, Babinsa, Babinkamtipmas, semua Aparatur Desa, Tokoh-Tokoh masyarakat, PKK Desa  dan pihak Puskesmas. Sebelum dilakukan pemantauan jentik diseluruh area rumah masing-masing seluruh Desa,tanpa kecuali rumah-rumah pengepul rosok,dan pemberantasan sarang nyamuk(PSN),sekaligus vogging serentak,dan pembagian ikan yang dilaksanakan di hari Minggu kemarin.
Seterusnya akan dilakukan pengawasan secara intensif, dari pihak Puskesmas pada perkembangan Kader Jumantik untuk mencegah meningkatnya wabah DBD di Desa Gampengrejo. >>Ags

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.