mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Bupati Ade Swara Pimpin HUT Linmas Ke 50

Published on Jun 22 2012 // Nusantara

Karawang, (MR)
DENGAN menggunakan seragam Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) lengkap, Bupati Karawang, H.Ade Swara memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun(HUT) Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Ke 50 Tingkat Kabupaten Karawang, Selasa (12/6).  Upacara peringatan yang berlangsung di Lapang Karang Pawitan diikuti oleh para anggota Linmas tingkat kecamatan dan desa dari seluruh pelosok Kabupaten Karawang.
Bupati Ade Swara dalam sambutannya mengatakan, peringatan HUT satuan Linmas kali ini mengambil tema “Satuan Perlindungan Masyarakat siap mengemban tugas dalam membantu penyelenggaraan penanggulangan bencana”. Tema ini sangat tepat dan strategis bila dikaitkan dengan eksistensi satlinmas selama ini, terlebih dengan peran dan fungsi linmas yang strategis, Pemerintah tetap memiliki komitmen yang tinggi terhadap potensi satlinmas agar dapat terus berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat banyak dalam menunjang program Pemerintah.
Untuk itu, lanjut Bupati, Satlinmas dituntut selalu siap dan waspada untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana yang ditimbulkan oleh alam, non alam maupun bencana sosial, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kerusakan lingkungan, kerugian harta benda maupun korban jiwa. “Termasuk ikut serta dalam upaya melindungi dan menyelamatkan masyarakat terhadap bencana, sehingga dapat membatasi/memperkecil jatuhnya korban serta mengurangi penderitaan masyarakat,” tuturnya.
Bupati melanjutkan, dalam mengantisipasi dan menanggulangi kemungkinan terjadinya bencana, para anggota Satlinmas di desa/kelurahan baik secara perorangan maupun secara satuan perlu dibekali pengetahuan dan kemampuan kewaspadaan dini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 tentang “Kewaspadaan Dini Masyarakat Di Daerah”. “Dengan harapan, anggota satuan perlindungan masyarakat mempunyai kepekaan, kesiagaan dan antisipasi dalam menghadapi segala potensi dan indikasi timbulnya bencana,” imbuhnya.
Menurut Bupati, pada hakekatnya Satlinmas dapat difungsikan menjadi garda terdepan bagi pemerintah daerah dalam membantu mengurangi resiko yang ditimbulkan akibat bencana alam, non alam maupun bencana sosial mengingat sejarah keberadaan satlinmas berasal dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat. “ Namun untuk mewujudkan hal tersebut tentunya diperlukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia aparat satuan perlindungan masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan secara berkala sesuai dengan kebutuhannya dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya,” jelasnya.
Atas dasar tersebut, Bupati Ade Swara berharap Pemerintah Daerah agar dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia aparat satuan perlindungan masyarakat sehingga menjadi profesional dalam mengemban tugasnya di lapangan, khususnya dalam membantu penanggulangan bencana; memberdayakan aparat satuan perlindungan masyarakat lebih kepada tugas pokok dan fungsi utama yang dimilikinya; mempersiapkan satuan perlindungan masyarakat sebagai mobilisan yang sewaktu-waktu siap untuk dimobilisasi sebagai komponen cadangan negara; serta senantiasa menjalin dan meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang sinergis dengan instansi terkait serta lembaga masyarakat lain dalam melaksanakan tugas pokok satuan perlindungan masyarakat. >> Komarudin

Leave a comment