Ayoo!! Sekarang Pak Malaw, Ada Disdukcapil?

 

Natuna,(MR)- Program Pak Malaw, Dinas Kependudukan dan catatan Sipil, Kabupaten Natuna Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), resmi diluncurkan .

Program Pembuatan Akta Kematian Melalui Layanan WhatsApp (Pak Malaw).
disejalankan dengan Upacara 17 hari bulan di Halaman Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur. Senin (18/02/2019) pukul 07:30 Wib.

Launcing dilakukan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Wan Siswandi, ditandai pelepasan balon udara bertuliskan Pak Malaw.

Pemkab Natuna memberi ,apresiasi program diluncurkan Disdukcapil Natuna. Program ini dinilai memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan, terutama dalam mengurus akta kematian.

“Kami sampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Dukcapil beserta jajarannya, telah berhasil membuat program Pak Malaw. Ini bukan nama orang atau nama semut, melainkan nama program Disdukcapil, untuk melayani masyarakat,” ungkap Wan Siswandi.

Usai melepaskan balon ke udara, Wan Siswandi diberikan kesempatan untuk memberikan akta kematian kepada masyarakat, secara simbolis.

Sebelumnya kepada media ini, Kepala Disdukcapil Natuna Ilham Kauli, menjelaskan, program Pak Malaw dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus akta kematian bagi keluarganya.

Karena , tingkat kesadaran masyarakat Natuna untuk mengurus akta kematian bagi keluarganya, sangat rendah.

Dengan adannta layanan Pak malas, tinggal mengirim persyaratannya lewat WA saja, nanti kita terbitkan akta kematiannya. Jadi tidak perlu pergi ke Kantor Dispenduk. Ini untuk memudahkan mereka,” ujar Ilham Kauli, saat ditemui dikantornya beberapa waktu lalu.

Padahal kata Ilham Kauli, akta kematian memiliki banyak kegunaan. Diantaranya untuk memuktahirkan data penduduk, mengurus surat cerai mati, membantu KPU dalam menetapkan jumlah pemilih dalam Pemilu dan mengurus pembagian harta warisan.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, para pimpinan OPD, ASN dan PTT./Roy.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.