mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

KOMISI INFORMASI DIACUHKAN, LP3BH SOMASI KEMBALI DPR PAPUA BARAT

Published on Sep 16 2018 // Papua Barat

KOMISI INFORMASI DIACUHKAN, LP3BH SOMASI KEMBALI DPR PAPUA BARAT

MANOKWARI , (MR) – Sesuai dengan Amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Yan Christian Warinusy akan melayangkan somasi (sebuah teguran terhadap pihak calon tergugat pada proses hukum) kedua, di sampaikannya lewat keterangan tertulis kepada media ini, Minggu (16/9/2018).

Sebelumnya LP3BH Manokwari telah melayangkan Somasi Pertama pada tanggal 10 Juli 2018 melalui surat nomor : 016/LP3BH-Mkw/VII/2018, ujar Christian.

Dijelaskannya, ” Pemberian somasi yang kami (LP3BH) lakukan kepada DPR Provinsi Papua Barat (DPR PB), sesuai dengan pandangan kami, yang menduga DPR PB terkesan tidak terlalu serius melakukan langkah untuk melakukan pembentukan Komisi Informasi (KI) di Provinsi Papua Barat ” ujar Christian.

Dilanjutnya, ” Atas alasan tersebut LP3BH akan mempertimbangkan untuk melayangkan somasi kedua disertai permintaan penjelasan tertulis dari DPR PB ” tegas Direktur.

Menurut Christian, kehadiran Komisi Informasi di Provinsi Papua Barat sudah sangat urgent (penting) dan mendesak dewasa ini, karena berbagai kegiatan pembangunan dan pemerintahan serta kemasyarakatan dan keamanan yang bersentuhan dengan kehidupan sosial masyarakat di daerah ini dan menimbulkan dampak penting.

Masyarakat atau publik dapat menggunakan haknya sesuai prinsip demokrasi, hak asasi manusia atas keterbukaan publik untuk mempertanyakan kepada pihak-pihak yang berkompeten sesuai amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 dan Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010. Ujar pendiri LP3BH ,20 Oktober 1996.(Haiser Situmorang)

Leave a comment