mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

21 Pjs Kades Dilantik

Published on Mar 10 2012 // Nusantara

Wakil Bupati: Pegang Sumpah Jabatan Saudara

 

Anambas,(MR)

WAKIL Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas melantik 21 Pjs Kepala Desa (Kades) pemekaran di 6 kecamatan yang berada di Kabupaten Kepu-lauan Anambas. Pelantikan yang diselenggarakan mulai Senin (27/02) sampai Jumat (02/03) ini dihadiri oleh beberapa kepala SKPD terkait dan juga anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas dari komisi I, Arzam.

Wakil Bupati KKA, Abdul Haris, SH. menganggap bahwa pelantikan hari ini merupakan suatu acara yang vital mengingat Pjs Kades nantinya adalah peletak pilar pertama pemerintahan di Desa hasil pemekaran. Haris mengingat-kan para Pjs Kades agar tetap berpegang pada sumpah jabatan yang mereka ucapkan. “Hayati sumpah yang telah saudara ucapkan. Kata sumpah memiliki makna yang mendalam dan pertanggungjawaban yang sangat besar karena menun-jukkan pengakuan dan perwu-judan pengikatan janji kepada Tuhan untuk menjalankan tugas sebagai kepala desa,” ujar Haris mengingatkan.

Bagaimanapun juga tugas tersebut tetap harus dilaksana-kan dengan sebaik-baiknya karena tugas ini merupakan amanah yang dibebankan masyarakat. “Saudara jadi Pjs Kades, berarti masyarakat memberikan kepercayaan kepada anda untuk memimpin wilayahnya. Oleh karena itu saya berharap Pjs Kades yang baru dilantik dapat melaksana-kan amanat rakyat dengan sebaik-baiknya,” Punkas Haris.

Haris juga menghimbau kepada Pjs Kades yang baru dilantik untuk dapat bekerja-sama dengan lembaga-lembaga terkait di desanya termasuk dengan tokoh masyarakat, tokoh adat dan lain sebagainya khususnya dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai lembaga penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat desa. “Saudara harus ingat, saudara jadi Pjs Kades karena keterlibatan banyak pihak. Tidak terlepas dari tangan-tanagn masyarakat, tokoh adat, pemuka masyarakat dan juga tokoh pemuda. Jadi rangkul mereka semua, jalin kerjasama yang baik untuk kemajuan desa yang saudara pimpin. Begitu juga dengan BPD yang merupakan saluran untuk menyerap aspirasi masyarakat. Jangan sampai ditinggalkan,” himbau Haris kepada para Pjs. Kades.

Tugas berat yang harus dilaksanakan Pjs Kades saat ini adalah untuk segera menata dan mengangkat perangkat desa, memfasilitasi pembentukan BPD serta melaksanakan pemili-han kepala desa. “ Tugas anda cukup berat, Anda harus mena-ta kestabilan pemerintahan desa dan melaksanakan pemilihan Kades. Perlu saya informasikan kepada saudara bahwa masa kerja saudara adalah selama 6 bulan atau dapat diperpanjang sampai dengan dilantiknya kepala desa defenitif. Dengan rentang waktu yang pendek itu kami yakin saudara akan dapat melaksanakan tugas saudara dengan baik,” papar Haris.

Kedepannya diharapkan Pjs Kades dalam mengerakkan roda pemerintahan di desa jangan memiliki keraguan karena selain dengan aturan perundang-undangan juga akan ditindak lanjuti dengan peraturan Bupati sebagai pedoman Kades dalam melaksanakan tugas dan fung-sinya. “Pemda KKA selalu ber-upaya untuk memajukan desa dan aparatur Pemdes agar pelaksanaan kegiatan pelaya-nan kepada masyarakat dapat dilaksanakan secara optimal, baik dibidang pemerintahan kegiatan ekonomi pembangu-nan maupu dalam pembinaan kemasyarakatan. Kita akan tetap mendukung saudara, oleh karena itu jangan pernah ragu-ragu dalam menjalankan pemerintahan di Desa,” ujar Abdul Haris.

Haris juga mengingatkan Pjs Kades untuk mempelajari lebih dalam peraturan per-undang-undangan sehingga dengan mempelajari hal tersebut akan membantu dan membimbing dalam melaksa-nakan tugas sehari-hari. “Me-mahami tugas dan tanggung-jawab saudara dalam penye-lenggaraan pemerintahan desa yang cukup berat akan mem-bantu saudara untuk melaksa-nakan tugas tersebut dengan baik. Dan untuk mendukung keberhasilan tersebut Pemda KKA terus melakukan upaya meningkatkan kemampuan sumber daya aparatur desa yaitu melalui pendidikan, pelatihan, pembinaan dan pengawasan terhadap penye-lenggaraan pemerintahan desa, ” kata Haris. >> Eichiro/ Edo

Leave a comment