Tuesday, 13/11/2018 | 12:56 UTC+7
Media Rakyat

Semarak Prestasi Mengisi HUT RI ke-73 Lomba Baris SD/MI N/S Kota Kediri

Kediri, (MR)
Menjelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke 73 Th, berbagai lomba telah dipersiapkan seluruh penjuru Nusantara, bahkan setiap daerah mempunyai cara tersendiri untuk memeriahkannya, selain identik Upacara.
Hari spesial ini juga dimeriahkan oleh lomba-lomba khas tahunan, salah satunya lomba baris-berbaris, seluruh Sekolah Dasar lingkup naungan Dinas Pendidikan (Disdik) beserta undagan naungan Kemenag Kota Kediri menggelar lomba gerak Jalan, yang dilaksanakankan serentak di hari Selasa tanggal 4 September 2018 di 3 Kecamatan yaitu Kec. Santren, Kec. Kota dan Kec. Mojoroto, dimulai pagi hingga selesai jam 12.00.
Tanpa kecuali SD yang ada di Kota Kediri ikut ambil bagian, berarti ada 160 Lembaga SD/MI, jumlah 320 Regu Putra, Putri baik Swasta, maupun Negeri. Untuk wilayah UPTD Mojoroto ada 115 regu, Start rute jalan di depan Kantor UPTD jalur ke arah Barat, perempatan Sukorame ke Selatan, sampai pertigaan depan Pasar Lirboyo ke Timur, hingga perempatan Kel. Bandar Lor, belok Kiri arah ke Utara, sampai perempatan SMAN 1 menuju arah ke Barat & Finish di depan UPTD lagi.
Menurut Sukandar (Pengawas) selaku Ketua Panetiya menjelaskan, “lomba ini sengaja dilaksanakan bulan September, pasalnya bulan Agustus bertepatan dengan Hari jadi Kota Kediri, sehingga acara-acara padat, dan semua fokus pada acara yang diselenggarakan Pemerintah Kota. Akhirnya baru Hari ini bisa melaksanakan acara yang sudah diagendakan oleh Dinas. Walapun begitu tetap tidak mengurangi semaraknya penyelenggaraan HUT RI Tahun ini,” terangnya.
Masih Panetiya, “nanti juara baris satu kota akan mendapat Penghargaan (Riward) dari masing-masing Kecamatan yang berupa Piala Baris berbaris baik Pa/ Pi. Tahun ini dikembalikan lagi pada UPTD-UPTD penyelenggaraannya, Tim penilaipun juga bertukar dengan UPTD lain, Tim untuk Penilai mojoroto berada di Santren, Santren ada di Kita, dan Tim Kota ada di Mojoroto, tapi tetap selalu koordinasi dengan 3 UPTD,” lanjutnya.
Di tempat terpisah Chevy Ning Suyudi (Kabid Pendidikan Dasar) menuturkan, “lomba baris di maknai sebagai wujud disiplin, dan rasa cinta generasi kepada para Pahlawan yang berjuang mempertahankan kesatuan. Kita tidak sebatas gembira dalam menyambutnya tapi ada makna terkandung di dalamnya, dan jadikan keteladanan dalam hidup berbangsa,” tuturnya.
Pagi yang cerah, cuaca panas menyengat tidak menyulutkan semangat para peserta. Bahkan sampai basah berkeringat, dengan langkah derap tegap peserta terus berjalan tetap menunjukkan aksi terbaik masing-masing regu dari perwakilan setiap Sekolah.
Sedangkan untuk seragam peserta tetap menggunakan seragam resmi yaitu Putih Merah. Dimaksudkan agar terkesan sama-sama sederajat , tidak ada perbedaan, persaingan fashion, sehingga terkesan tidak ada diskriminasi baik dari tim penilai, dan para pemirsa, tetap satu kesatuan.
Ribuan masyarakat memadati tepian jalan yang dilalui peserta barisan, “Inikan kegiatan tahunan, maka sayang kalau dilewatkan, Kami dan ibu-ibu sangat menikmati penampilan Siswa/Siswi SD, MI, yang lucu, dan menarik,” ujar salah seorang warga yang menonton. >>Ags
About

pembawa suara pembangunan bangsa

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.