mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

RSUD Karawang Terkesan Dibawah Kendali BPJS Karawang

Published on May 06 2015 // Berita Utama

kesehatanKarawang, (MR)
Kesehatan adalah hak pundamental setiap penduduk, untuk itu setiap penduduk dan masyarakat berhak untuk mendapatkan perlindungan terhadap kesehataan nya, pemerintah pusat dan daerah telah meluncurkan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) juga bagi yang belum mempunyai jamkesmas dari pemerintah daerah diberi jaminan kesehatan masyarakat daerah (Jamkesda) selain itu hal tersebut di peruntukan bagi masyarakat yang dapat dikategorikan tidak mampu, juga program ini sudah dapat dirasakan kegunaannya oleh masyarakat untuk melindungi kesehatannya, karena alurnya juga sangat tidak sulit, selain itu pihak RSUD Karawang dapat menerapkan berbagai kebijakan bagi masyarakat miskin atau tidak mampu.

Berbeda dengan program yang sekarang tentang BPJS pihak RSUD Karawang saat ini tidak dapat lagi memberikan kebijakan karena segalanya sudah di atur oleh BPJS, terlebih dengan adanya program baru BPJS. Tidak berlaku bagi pasien kecelakaan yang tidak disertai dengan surat keterangan dari pihak kepolisian/Jasa raharja, juga bagi pasien yang masuk ke IGD/VK bila Dokter memberikan keterangan bahwa pasien tersebut tidak harus dirawat/pulang dalam arti tidak emergenci, maka BPJS / Jamkesmas tidak berlaku dalam arti harus bayar secara umum.

Dengan adanya hal tersebut puluhan pasien Tidak Mampu mengeluh disamping obat yang selalu harus membeli di luar, aturan  aturan baru BPJS kembali menambah beban bagi masyarakat miskin. Pihak RSUD Karawang tidak dapat berbuat banyak pasalnya saat ini RSUD Karawang berada dalam kendali BPJS Karawang, seperti yang dikatakan kahumas RSUD Karawang H. Ruhimin mengatakan, RSUD jelas dapat dikendalikan BPJS, pasalnya setiap kebijakan yang di ajukan ke pihak BPJS, Tidak pernah direspon atau di tanggapi bahkan cenderung selalu di tolak.

Dalam hal ini  pemerintah Daerah maupun Pusat sebaiknya menghimbau kembali tentang mekanisme BPJS Karaw ang yang terkesan dibuat-buat, mengingat masyarakat miskin/tidak mampu merasa sangat terbebani oleh kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pihak BPJS. >>Cc-w

Leave a comment