Rp.1,5 Triliyun Untuk Percepatan Pembangunan

Natuna,(MR)

MELALUI mekanisme pembahasan cukup alot dan menyita waktu  sangat melelahkan, akhirnya APBD Kabupaten Natuna tahun anggaran 2012 disahkan. Pengesahan RAPBD Kabupaten Natuna menjadi APBD tahun 2012 diselenggarakan pada Rabu pagi tanggal 8 Februari, diruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Natuna. Pengesahasan APBD merupakan momentum dan sangat ditunggu oleh masyarakat Natuna, kerena dari pengesahaan APBD tersebut menandakan roda pemerintahan mulai berjalan lancar tanpa hambatan.

Acara pengesahan APBD dipimpin secara langsung oleh ketua DPRD Natuna Hadi Candra S,Sos. dihadiri oleh Bupati Natuna, Wakil Bupati Natuna, Plt Sekda Natuna, Wakil ketua dan anggota DPRD Natuna, Unsur Muspida Natuna, Unsur FKPD Natuna, Kepala Dinas dan Badan dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Natuna, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Pimpinan Parpol, Ormas, LSM, Pers dan terbuka untuk umum.

Ketua DPRD Natuna Hadi Candra S,Sos. dalam pidato pengantarnya, menyebutkan Pengesahan Raperda APBD Kabupaten Natuna tahun 2012, merupakan suatu instrumen dasar dan merupakan dimensi pokok dalam rangka menyelenggarakan suatu pemerintahan didaerah.

Untuk meningkatkan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada  masyarakat sesuai dengan amanat undang-undang No.32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah, telah mengalami perobahan beberapa kali, pada pasal 181 ayat 1, yang menyatakan bahwa, kepala daerah mengajukan rancangan perda tentang APBD disertai penjelasan dan dokumen-dokumen pendukungnya kepada DPRD, untuk disetujui secara bersama dan ditetapkan sebagai peraturan daerah (perda).

Dikatakannya, APBD Kabupaten Natuna tahun anggaran 2012 yang tertuang dalam RAPBD kabupaten Natuna adalah sebesar Rp.1,5 triliun,  bersumber dari sektor pendapatan daerah dan penerimaan daerah lainnya, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bupati Natuna dalam pidato nota keuangannya beberapa waktu lalu. Disamping itu, dalam penyusunan RAPBD kabupaten Natuna pada tahun ini sudah diupayakan semaksimal mungkin, kegiatan-kegiatan  menjadi skala prioritas berdasarkan pertimbangan dan perimbangan disetiap kecamatan sesuai dengan indikator yang ada.

Setelah mendengarkan pendapat dan pandangan akhir dari empat fraksi di DPRD Natuna, RAPBD Kabupeten Natuna disahkan menjadi Perda APBD Kabupten Natuna tahun anggaran 2012.

Dengan disahkannya APBD Natuna tahun 2012 diharapkan dapat memberikan perubahan ke arah yang lebih terhadap perkembangan pembangunan kabupaten Natuna selama satu tahun kedepan. Untuk itu ketua DPRD Natuna Hadi Candra S,Sos. mengharapkan kepada Bupati Natuna beserta jajaran SKPDnya agar secepatnya dapat memberikan pelayanan lebih optimal kepada masyarakat.

Disamping itu juga diharapkan kepada Bupati Natuna agar program-program yang sudah dirancang dan dianggarkan dapat dikerjakan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab serta dapat meningkatkan pengawasan, terutama pengawasan bagi pengguna anggaran hingga pengawasan realisasi dilapangan agar tujuan dan cita-cita pemerintah daerah Natuna dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. Visi dan Misi Natuna, menuju masyarakat  sejahtera, merata dan seimbang. >> Roy

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.