Plt Sekda Teluk Bintuni Buka Pra-GTA

Bupati Bintuni: “Kita Harus Bersyukur dan Bangga Karena Kita Miliki 4 Hal Penting Sebagai Modal Dasar Pembangunan.”

Bintuni, (MR) – Masyarakat Bintuni harus bangga dan bersyukur ,karena kita memiliki empat hal penting yang dapat dijadikan sebagai modal dasar pembangunan daerah. Modal pertama adalah,kita memiliki potensi kekayaan alam yang besar.Kita memiliki keragaman kultural yang tinggi dengan jumlah suku dan marga serta kebudayaan.Kita memiliki modal sosial,yakni kesepakatan konsensus sosial bernama “Tiga Pilar Pembangunan”, yaitu Pemerintah, Adat dan Agama.Yang terakhir,kita miliki kesadaran dan kemauan baik menyelesaikan permaslahan pembangunan dengan mengunakan modal lokal.

Untuk itu,pemerintah bersama masyarakat adat 7 suku (suku asli kabupaten Teluk Bintuni  red) harus duduk bersama mengatur tata kelola dan pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) sesuai amanat UUD 1945, dimana,bumi dan air serta kekayaan alam yan terkandung di Teluk Bintuni adalah milik kita,milik rakyat dan diamanatkan kepada negara atau pemerintah untuk dipergunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat, dalam sambutan Bupati Kabupaten Teluk Bintuni  Ir.Petrus Kasihiw, MT yang di bacakan oleh Plt Sekda Gustaf Manupputy, S.sos.MM pada pembukaan Pra gelar tikar adat ( GTA ) di Aula Sasana Karya Kantor Bupati,Selasa  (24/10/2017).

Lebih lnjut dikatakan,pembekalan pendamping/fasilitator lapangan merupakan salah satu kegiatan penting dalam rangkaian kegiatan GTA,memfasilitasi pelaksanaan Pra GTA ditingkat suku,jelasnya Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar yang utuh tentang pelaksanaan GTA dan memberikn kemampuan dasar teknis memfasilitasi,agar setelah mengikuti pembekalan,calon calon pendamping/fasilitator mampu memfasilitasi dan mendampingi masyarakat adat dalam kegiatan Pra-GTA di tingkat suku.

Pemerintah berharap,putra putra terbaik,anak adat suku Kuri, Wamesa, Irarutu, Sumuri, Sebyar, Sough dan Moskona yang terpilih dan dipercayakan menjadi pendamping atau fasilitator dapat mengikuti dengan baik dan bertanggungjawab. Kami berharap,s eluruh pemangku kepentingan bersama masyarakat adat 7 suku turut serta mensukseskan GTA yang akan dilaksanakan di Teluk Bintuni, harapnya. (Humas & Protokoler) >>HS

Loading

Related posts