Pengusaha Kecil Masih Susah Dapat KUR

Jakarta,(MR)

PEMERINTAH mengakui bahwa implementasi kebijakan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) seringkali tidak sejalan dengan praktiknya di lapangan, terutama di daerah-daerah. Hal ini dinilai sering menjadi kendala penyaluran KUR yang tepat sasaran.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan banyak masyarakat, khususnya pengusaha kecil, yang masih mengeluhkan kesulitan mendapat pinjaman KUR di berbagai bank daerah. Padahal dari sisi persyaratan, mereka ini dinilai sudah cukup memenuhi syarat memeroleh pinjaman. “Itu memang pertanyaan dan masalah yang terjadi hampir di seluruh daerah yang saya kunjungi. Memang dari kebijakan dan praktek, penyaluran KUR suka tidak sejalan, ini karena oknum-oknumnya sering mempersulit,” ujar Hatta Rajasa, Minggu (27/1).

Hatta berpendapat kesulitan persyaratan administrasi untuk memeroleh KUR merupakan kesalahpahaman yang kerap terjadi karena petugas perbankan menyamakannya dengan debitur pinjaman biasa. Oleh karenanya dia menghimbau seluruh perbankan, baik BUMN maupun perbankan milik pemerintah daerah, untuk bisa mempermudah penyaluran KUR apabila masyarakat telah memenuhi syarat yang ada.

Dia juga menyatakan sosialisasi mempermudah penyaluran KUR yang bisa didapat dengan menjaminkan usahanya sudah sering dilakukan. Penyaluran KUR bagi pengusaha kecil dinilai merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan minat kewirausahaan.

“Saya sampaikan pada Bank Jabar Bantan (BJB), BRI, BNI juga Bank Mandiri jangan mempersulit penyaluran KUR seperti itu. Terutama BRI jangan mempersulit karena merupakan bank penyalur KUR terbesar dengan porsi hingga 30 persen,” tegas Hatta.

Untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat, Hatta menganjurkan untuk melapor pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian apabila ada oknum maupun perbankan yang kedapatan mempersulit penyaluran KUR di daerah, apabila semua persyaratan telah dipenuhi dan diproses namun tidak disetujui. Dikatakan Hatta kementeriannya merupakan instansi penanggungjawab penyaluran KUR.

Kendati demikian Hatta juga berharap agar para pengusaha kecil lebih memahami aturan dalam peminjaman KUR agar tidak langsung merasa kecewa apabila tidak memenuhi persyaratan yang diminta. Ini karena perbankan dinilai mengutamakan asas kehati-hatian.

“Kalau ada yang hanya minjam Rp 1-5 Juta, diproses syaratnya tapi tidak disetujui laporkan ke saya. Kalau sudah ada usahanya tidak disetujui itu kebangetan,” tukas dia. >> Ediatmo

Loading

Related posts