Pemkab Cirebon Undang Para Kepala Desa Dan Dewan Untuk Bahas Raperbup

Majalengka, (MR)
DALAM Waktu dekat ini Pemerintah Kabupaten Cirebon akan mengundang Forum Komunikasi Kuwu Cirebon ( FKKC) Untuk mendiskusikan isi Peraturn Bupati (Perbup) sebelum disahkan,hal itu untuk menindaklanjuti tuntutan para kuwu terkait realisasi Dana Desa yang saat ini belum bisa dicairkan. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Cirebon Drs. H. Rahmat Sutrisno,M.Si. ketika berbincang dengan Media Rakyat rabu (8/4) menyebutkan bahwa hari ini perwakilan FKKC akan di Undang untuk bersama-sama membahas mekanisme penganggaran Perdesaan. Dan dijelaskan sesuai amanat undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa,Pemerintah Kabupaten Cirebon sudah membentuk Perturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Desa dan BPD.

Sebagai Peraturan Pelaksana dari Perda tersebut maka disusunlah Perbup, ada empat Perbup yang menjadi aturan pelaksana dari Perda trsebut yang saat ini tengah dibahas kandunganya yakni Raperbup pengelolaan ADD,Raperbup tentang penetapan pembagian Dana Desa(DD),Raperbup tentang pengelolaan keuangan Desa dan Raperbup tentang bantuan program. Hasil Raperbup yang sudah disusun dan didiskusikan di internal Pemerintah Daerah,dan akan didiskusikan kembali dengan para Kepala Desa dan Wakil Rakyat. dan rancangan yang sudah dibuat akan disodorkan kepada para Kepala Desa dan DPRD guna mencapai kesepakatan,terang Aspemkesra.

Jika yang diajukan kepada Kepala Desa dan DPRD melalui komisi I ini disetujui maka Raperbup bisa segera disahkan dan ditandatangani oleh Bupati menjadi Perbup. Perbup ini juga akan menjadi payung hukum bagi Pemerintah Kabupaten Cirebon guna menyalurkan ADD dan Dana Desa (DD), artinya tidak akan lama lagi ADD dan Dana Desa (DD) bisa segera cairkan. Dan perlu diketahui tahun 2015 merupakan tahun yang sangat dinanti-nanti oleh Pemerintahan Desa sebab seluruh alokasi anggaran pembangunan diserahkan kepada Desa,mulai dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Cirebon sebesar Rp. 151 Milyar lebih, dan Dana Desa yang bersumber dari APBN sebesar Rp. 125 Miliar,begitu jelas Rahmat Sutrisno. >>Fitri

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.