Menteri Agama Buka MTQ Provinsi Kepri

Anambas,(MR)
MUSABAQAH Tilawatil Quran (MTQ) IV Tingkat Provinsi Kepri yang berlangsung di Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan dibuka langsung oleh  Menteri Agama Suryadharma Ali pada Selasa  (15/5) sekitar pukul 19.00 WIB, Tidak hanya menteri Agama RI yang hadir dalam perhelatan akbar tersebut, Soneta Group besutan H Rhoma Irama juga turut memeriahkan malam pembukaan MTQ IV Tingkat Provinsi Kepri.
Kabupaten Bintan mendapat kehormatan menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan MTQ tingkat provinsi kali ini. Sebagai tuan rumah, Bupati Bintan, Ansar Ahmad  ingin memberikan yang terbaik baik dalam pelaksanaan maupun dalam pelayanan. Semua kafilah MTQ dari kabupaten dan kota yang datang ke Bintan diharapkan mendapatkan pelayanan yang memuaskan hingga pelaksanaan MTQ usai pada 21 Mei  mendatang. “Harapan kami, tentunya MTQ ini berjalan lancar dan sukses. Meski de-ngan anggaran yang terbatas, Pemkab Bintan tetap menga-dakan perhelatan ini secara maksimal,” ujarnya.
Perhelatan ini lanjut bupati merupakan ajang silaturahim masyarakat Kepri. Dalam ajang MTQ sebenarnya bertujuan untuk mensyiarkan agama melalui Al-Quran. Kalau bagi pemerintah, MTQ bisa juga dimasukan dalam kategori cara untuk lebih mengenalkan Al-Quran kepada masyarakat. Soneta Group pimpinan H Rhoma Irama yang terkenal dengan tembang “begadang” ini akan tampil pada malam pembukaaan MTQ.
Selain warga dihibur artis ibukota,  acara pembukaan juga  menampilkan tarian kolosal, video 3 dimensi serta atraksi kembang api yang spektakuler. “Yang paling spektakuler adalah dengan pemutaran video 3D Mapping diiringi bersamaan dengan lampu laser selama 10 menit. Dalam penampilan video 3 dimensi ini diputar tentang kisah maupun sejarah Islam yang menceritakan awal sebelum agama Islam, menggunakan suara dan pendukung lainnya,” papar Deki Iskandar Dinata, Kabag Humas Pemkab Bintan.
Deki mengatakan, pembukaan MTQ  ini diawali dengan prosesi penyambutan, pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dibacakan  Qori Internasional yaitu Dra Hj Sahrini, kata sambutan dan penampilan tari-an kolosal.
Pemkab, lanjut Deki, telah menyiapkan sarana transportasi antar jemput gratis di setiap Kecamatan di wilayah Kabupaten Bintan. Transportasi ini nantinya akan digunakan untuk masyarakat yang ingin menyaksikan pelaksanaan MTQ dari pembukaan sampai penutupan.
“Untuk itu kami mengharapkan kepada masyarakat agar memanfaatkan momen ini untuk datang beramai-ramai menyaksikan acara MTQ mendatang,” imbuh Deki.
Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Bintan Arusman Yusuf yang juga panitia MTQ bidang Musabaqah, mengatakan, peserta kafilah dari masing-masing berasal dari kabupaten/kota yang diperkirakan mencapai 1.000-an orang. Iven MTQ juga akan dimeriahkan oleh para penggembira atau pendukung dari daerah. Khusus untuk penggembira ini panitia akan menyiapkan rumah milik masyarakat yang berada di sekitar lokasi MTQ sebagai tempat penginapan.
Sementara untuk lomba Musabaqah sendiri, ada enam Kategori yang diperlombakan yakni Tilawah (membaca), Hifdzil (hafalan), Tahmil (Cerdas Cermat), Syarhil (pidato), Tafsir (terjemahan dalam bahasa Arab, Inggris dan Indonesia) serta M2IQ (musabaqah menulis ilmiah Quran).
Untuk Tilawah ada lima cabang yakni  yakni Tilawah anak-anak, remaja, dewasa, tartil dan tuna netra. Kegiatan MTQ akan ditutup dengan lomba rebana untuk ibu-ibu dan remaja. “Saat ini ada 49 orang peserta dari Kabupaten Bintan telah dipersiapkan untuk bertanding pada ajang MTQ mendatang. Para peserta ini sudah kita latih sehingga nantinya dapat meraih prestasi terbaik diajang MTQ tersebut,” imbuhnya. >> Eichiro/ Edo

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.