mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Dinas Pertanian Kabupaten Kediri Budidaya Pertanian Organik

Published on Jul 11 2017 // Berita Utama

Kediri, (MR) – Dampak lingkungan  dari kontaminasi penggunaan pupuk, dan pestisida sudah sangat luar biasa hingga menyebabkan pencemaran tanah, air, dan udara. Maka organisme banyak yang mati, dan masuk dalam rantai makanan. Mengakibatkan kesehatan manusia terus menerus menurun, juga sebagian besar lahan pertanian menjadi kritis, sehingga unsur hara menurun tidak tersedia bagi tanaman yang akhirnya pertumbuhan tanaman terhambat, hama berkembang akibatnya produksi menurun.

Pertanian terintegrasi berwawasan lingkungan (Integrated Ecofarming/IE) ini merupakan satu-satunya solusi yang harus dilakukan untuk mendapatkan; menyelesaikan pencemaran tanah, air, dan udara (recovery) lingkungan, perbaikan kesuburan tanah, pengendalian hama penyakit, tidak ketergantungan pupuk kimia, hasil panen kompetitif/daya saing dipas menghasilkan produk bebas pestisida/sehat, meningkatkan pendapatan, menjadi komoditas ekspor yang berdaya saing.

Untuk itu Pemkab Kediri melalui Dinas Pertanian telah melakukan pembinaan,dan pendampingan terus kepada poktan yang melakukan budi daya pertanian organik, terbukti poktan Desa Kepung telah berkmbang dari seluas 3,5 Ha menjadi 12 Ha diawal musim tanam 2016 dan telah mendapat sertifikasi pertanian organik dari Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (lessos) tahun 2015, poktan Mulur Desa Kencong seluas 5 Ha, Gapoktan Tani Sekar Tanjung Desa Pagung Semen seluas 8 Ha, Gapoktan Tawang Jaya Desa Ketawang Purwoasri seluas 1 Ha, Pondok Lazaris seluas 3 Ha sedang dalam pengajuan sertifikasi pertanian organik.

Selanjutnya sosialisasi terhadap Poktan terus dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dengan berbagai kegiatan mulai pembinaan langsung dalam bentuk pertemuan dengan praktek lapang penunjang kegiatan pertanian organik, dan bantuan material kepada petani. Kegiatan praktek lapang adalah Demlot pembuatan pupuk organik, pembuatan mol, pembuatan pesnab dengan bahan yang banyak keberadaannya. >>Ags

Leave a comment