TUNGGU IZIN OPERASIONAL DMPTSP DAN REGISTRASI KEMENKES, RSUD TERNATE FOKUS PENATAAN MANEJEMEN DAN PELAYANAN DASAR

DIrektur RSUD KOTA TERNATE dr. Muhammad Sagaf

Kota Ternate, (MR) – Dasar pendirian RSUD Kota Ternate mengacu pada Permenkes 43 tahun 2019 yang mengatur tentang pelayanan Puskesmas . Khusus untuk Puskesmas yang berdomisili dalam Kota Ternate yang sesuai aturan tersebut tidak lagi melakukan pelayanan rawat inap maka Pemkot memandang perlu adanya RSUD . Selain regulasi Permenkes tersebut dasar pendiriannya juga mengacu pada hasil kajian dan penyusunan master plan pembangunan RS ( Rumah Sakit ) yang dibikin di 2019 .

Disambangi awak mediarakyat , Direktur RSUD Kota Ternate dr Muhammad Sagaf menjelaskan saat ini RSUD Kota Ternate sebagai RS tipe D telah menyiapkan berkas persyaratan untuk penerbitan ijin operasional . Berkas tersebut menurutnya telah masuk ke DPM PTSP .” Instansi berwewenang selanjutnya akan menerbitkan ijin operadional kemudian ijin ini pulalah yang menjadi syarat RS ini masuk dalam daftar register atau terdaftar di Kementrian Kesehatan .

Menunggu penerbitan ijin operasional dan registrasi Kemenkes tersebut menurut Direktur RS , saat ini pula pihaknya terkonsentrasi pada penataan menejemen dan pelayanan dasar RS .
” Kita sementara lagi fokus pada pelayanan dasar dan penataan menejemen . Hal ini karena selain RS itu mengemban misi sosial disamping misi bisnis . Misi sosial ini yang perlu di kedepankan ” ungkapnya .

Sebagai RS tipe D bedasarkan kajian dan master plan pembangunan RS juga Permenkes No 3 , RSUD Kota Ternate saat ini menyediakan pelayanan UGD ,Pelayanan Anak , Kandungan , Gigi ,, Penyakit Dalam dan pelayanan Bedah Mulut .

Demi mengefektifkan pelayanan saat ini 9 tenaga dokter spesialis dan dua dokter spesialis lainnya yang lagi menjalani studi kedokteran telah resmi sebagai tenaga medis di RSUD Ternate . Guna menunjang pelayanan RS ini juga dilengkapi pula dengan fasilitas sarana prasarana yang memadai berupa laboratorium selain penyedian tempat tidur pasien yang totalnya 53 set ditambah pelayanan on time 24 jam .

” Kita memulai awal dari hal kecil insyaAllah kedepan akan menjadi besar . Berawal dari RS tipe D ini ke depan kita bisa naik status , ini tergantung pada menejemen dan pelayanan makanya sementara kita fokus pada dua aspek tersebut ” ungkap Muhammad Sagaf .

Dengan kehadiran RSUD Kota Ternate sebagai sentra pelayanan kesehatan sangat membantu masyrakat . ” RS ini siap sedia melayani masyarakat dengan pelayanan prima dan profesional ” tutur Direktur perdana RSUD Kota Ternate ini. (KOKO ATENG MRC)

 10,505 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.