Dinas PUPR Kota Tangerang Gencar Realisasikan Langkah Strategis Guna Antisipasi Banjir

Dinas PUPR Kota Tangerang tak henti-hentinya mengantisipasi banjir di musim penghujan (Foto. Dok PUPR Kota Tangerang)

Kota Tangerang, MR – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang terus merealisasikan langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi musim penghujan di Kota Tangerang.

Memasuki awal tahun ini, Dinas PUPR Kota Tangerang terus mengoptimalisasi proses normalisasi di banyak titik, khususnya di lokasi-lokasi yang dinilai rawan terjadi banjir.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono menuturkan, Dinas PUPR Kota Tangerang telah melakukan pemetaan beberapa lokasi yang dinilai menjadi kawasan rawan banjir di Kota Tangerang.

Petugas sedang membersihkan sampah di genangan air (Foto. Dok PUPR Kota Tangerang)

Saat ini, Dinas PUPR Kota Tangerang memusatkan perhatian untuk mengawasi perkembangan di Kali Sabi Cibodas, Kali Ledug Periuk, Saluran Pembuangan (SP) BTT 6-9 Sipon-Cipondoh, Kali Cantiga Karang Tengah, Saluran Sekunder Kamar Benda, SP Cikoneng Hilir Jatiuwung, Embung Gempol Pinang, Rawa Kunciran, dan SP Pasar Baru Karawaci.

“Akhir-akhir ini hujan lebat kerap melanda Kota Tangerang. Untuk merespon hal tersebut, kami (Dinas PUPR Kota Tangerang) telah memetakan beberapa titik lokasi yang dinilai rawan terjadi luapan sehingga perlu diperhatikan, diawasi, dan ditangani lebih lanjut secara bersama-sama,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Senin, (15/1/2024).Ia melanjutkan, Dinas PUPR Kota Tangerang juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memasifkan langkah-langkah antisipasi pada musim penghujan ini.

Dinas PUPR Kota Tangerang memetakan titik lokasi rawan luapan (Foto. Dok PUPR Kota Tangerang)

Terkini, Dinas PUPR Kota Tangerang akan meningkatkan kerja sama dengan pihak Provinsi dan masyarakat dalam mengoptimaliasi proses drainase jalan lingkungan, drainase jalan kota, sampai drainase jalan Provinsi di seluruh Kota Tangerang.

“Setelah pemetaan dilakukan, kami gencar melakukan kegiatan-kegiatan kolektif untuk bersama-sama mengantisipasi terjadinya banjir pada musim penghujan kali ini, khususnya dengan semakin masif merealisasikan kerja bakti di banyak tempat,” tambahnya.

Selain itu, Dinas PUPR Kota Tangerang juga terus menyiapkan komponen-komponen infrastruktur Sistem Pengendali Banjir di Kota Tangerang. Seperti, kesiapan petugas lapangan, 267 pompa pengendali banjir, dan sebagainya. (ADV/Handri M)

Loading

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.