Puskesmas Motoboi Kecil Tetap Siaga Layani Pasien

Kotamobagu, (MR) – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menerapkan protokol kesehatan bagi warga yang baru tiba dari luar daerah yaitu wajib melakukan pemeriksaan (Screening) awal di Klinik Penyakit Infeksi Emerging (PIE) di Puskesmas  Motoboi Kecil.

Khususnya yang baru datang dari zona merah Covid-19 yang telah dimulai pada Jumat (27/3), Layanan Klinik PIE ini dilakukan sebagai bentuk upaya Pemkot dalam rangka memutus rantai penyebaran Pandemi virus corona (Covid-19) di wilayah Kota Kotamobagu. Sudah puluhan warga yang telah memeriksakan kesehatannya di klinik yang dibuka 1×24 jam setiap harinya.

Hal itu ditegaskan kembali oleh Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu dr. Tanty Korompot, bahwa layanan pemerikasaan ini gratis tanpa dipungutnya biaya dan dibuka 1×24 jam setiap harinya.

“Untuk setiap warga kotamobagu yang baru pulang dari bepergian dari luar negeri maupun luar daerah yang terpapar zona merah Covid-19 diharapkan supaya melakukan screaning kesehatan di puskesmas Motobo Kecil,” ujar dr.Tanty, Senin (30/3).

“Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tubuh kita sehat, Guna mencegah penularan Covid-19 di kota kotamobagu, mari bersama-sama kita terapkan himbauan Social Distancing dan Fisik Distancing , serta perilaku hidup bersih dan sehat dan selalu menggunakan masker, sering cuci tangan, dan tingkatkan daya tahan tubuh, agar kita terhindar dari Covid-19 selain memeriksakan diri mereka pun menjalani penyemprotan disinfektan oleh petugas,” tambahnya.

Kegiatan ini diusahakan untuk mencegah dan memutusnya rantai penyebaran pandemi Covid-19. dr Ulmiwidaya Sudibyo yang merupakan salah satu dokter umum yang ikut memerangi penyebaran virus corona ini juga menghimbau agar masyarakat sama-sama memutus rantai penularan Covid-19 dengan tetap tinggal dirumah dan selalu melaporkan jika ada riwayat bepergian keluar daerah dalam kurun waktu 2 minggu terakhir untuk dilakukan screening dan pemantauan oleh petugas kesehatan.

“Kegiatan ini baik sekali untuk memutuskan rantai penularan Covid-19 dengan melakukan screening setiap warga perjalanan dari luar daerah sekaligus memberikan konseling anjuran untuk isolasi mandiri selama 14 hari/ 2 minggu jika ada keluhan agar mendatangi kembali petugas kesehatan diruang tunggu PIE yang ada dipuskesmas Motoboi kecil,” ujar dr. Ulmi. (Neni)

Related posts