Dinas PUPR Kota Tangerang Terus Berupaya Melaksanakan Perbaikan Jalan

Tangerang Kota, (MR) – Dari hasil monitoring lapangan dan pengaduan masyarakat melalui berbagai media terdapat kerusakan jalan pasca banjir dan genangan dan juga diduga akibat mobilitas kendaraan berat. Sesuai dengan kewenangan penyelenggaraan jalan, maka jalan diklasifikasikan berdasarkan statusnya. Ruas-ruas jalan di Kota Tangerang dapat dibedakan menjadi 3 kelompok berdasarkan statusnya, yaitu sebagai Jalan Nasional, Jalan Provinsi dan Jalan Kota.

Ruas Jalan Nasional yang berada di Kota Tangerang sebanyak 5 ruas (17.8 km), yaitu Jln. Daan Mogot, Jln. Merdeka, Jln. Gatot Subroto, Jln. Oto Islandar Dinata dan Jln. KS. Tubun termasuk ruas-ruas Jalan Tol yang melintas.

Ruas Jalan Provinsi sebanyak 6 ruas (27.4 km) yaitu Jln MH. Thamrin, Jln. Jendral Sudirman, Jln. Hasyim Ashari, Jln. HOS. Cokroaminoto, Jln. Raden Fatah dan Jln. Beringin Raya.

Sedangkan Ruas Jalan Kota, berdasarkan SK Walikota Tangerang No. 620/Kep.499-PUPR/2019, berjumlah 251 ruas (255.3 km). Selain jalan kota, terdapat ruas-ruas jalan lingkungan yang juga menjadi kewenangan dan tanggung jawab Pemkot Tangerang dalam penyelenggaraannya, khususnya oleh Dinas PUPR. Berdasarkan catatan, jumlah total ruas jalan kota dan jalan lingkungan sebanyak 3.907 ruas (829.9 km).

Sehubungan dengan kewajiban perbaikan atas ruas jalan yang rusak, Pemkot Tangerang senantiasa terus menjalin koordinasi yang erat dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi sesuai kewenangan yang dimiliki masing-masing.

Untuk ruas jalan kota, saat ini dinas PUPR kota Tangerang telah dan sedang melaksanakan perbaikan di 24 jalan ruas kota, baik kerusakan ringat sedang dan berat. Tim pemeleliharaan jalan dan jembatan terdiri dari 8 tim pemel jalan dan 1 tim jembatan yang setiap tim terdiri dari 20 sd. 24 pekerja dengan Alat yg digunakan terdiri dari alat berat dan ringan seperti jack hanmer, stamper dan mesin gilas. Waktu pelaksanaan dan teknis pekerjaan disesuaikan dengan kondisi lapangan seperti jenis konstruksi penanganan, cuaca dan kondisi lalu lintas. (ADV/Handri)

Related posts