Walkot Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH Pimpin Apel Gabungan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XX

Pidato Walikota saat upacar diacara Hari Otonomi   DaerahTanjungpinang, (MR)
Pemerintah Kota Tanjungpinang Menggelar upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) yang ke XX tahun 2016 yang di sejalankan peringatan hari kartini yang dipimpin oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH di halaman Kantor Walikota Tanjungpinang (25/4)

Upacara yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Di pagi yang cerah itu Walikota membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dengan mengangkat tema “Memantapkan Otonomi Daerah Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekono mi Asean (MEA)”. “Yang memiliki makna sebagai komitmen dan konsensus para pendiri bangsa yang diamanatkan dalam UU sehingga melalui pemantapan otonomi daerah, kita tidak akan kalah bersaing dengan Negara-negara yang berada di asean”, ucap Lis.

Seiring dengan tema tersebut, Mendagri dalam kutipannya menyampaikan pidatonya yaitu, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam rangka mempercepat pencapaian tujuan nawa cita dan juga segenap Pemerintah Daerah untuk segera melaksanakan simplifikasi regulasi yang menjadikan kewenangan masing-masing merapatkan barisan dan bahu membahu menampilkan kinerja semaksimal. Hal ini juga berkaitan dengan konferensi nasional forum rector Indonesia tahun 2016 di Universitas Negeri Yogyakarta yang dikatakan bahwa terdapat 42.633 peraturan perundang-undangan yang tumpang tindih dan 3.000 perda yang harus dibatalkan.

Lis dalam membacakan pidato Mendagri RI menyampaikan bahwa Otonomi daerah adalah hak, wewenang dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan Pemerintah dan kepentingan masyarakat dalam sistem negara kesatuan republik Indonesia. “Untuk itu pemberian otonomi yang seluas-luasnya kepada daerah harus dimaknai sebagai kesempatan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peran aktif seluruh pemangku kepentingan di daerah”, tambahnya.

Pada akhir sambutanya Lis juga menyampaikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Tanjungpinang untuk mendukung pemerintah dan menjaga lingkungan, agar tercapainya cita-cita kita untuk mendapat lingkungan bersih dan meraih adipura.

“Pada tanggal 27 April 2016 nanti Pemerintah Kota Tanjungpinang, Polres Tanjungpinang dan Polda Kepri akan mengadakan kegiatan ‘Zero Narkoba to Tanjungpinang’ kepada seluruh Apatur Sipil Negara dan juga untuk masyarakat kota Tanjungpinang agar dapat hadir, tutur Lis. “Kegiatan Tanjungpinang Zero Narkoba merupakan dukungan pemerintah untuk menjadikan Tanjungpinang bebas narkoba.” Tutup Lis

Pada kesempatan yang sama, Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang menyematkan tanda penghargaan kepada pegawai teladan yang diselenggarakan oleh sekretariat Korpri Tanjungpinang. >>Hms/Doni

Loading

Related posts