mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Untuk Kedua Kalinya Kuningan Mendunia Melalui Tour de Linggarjati 2016

Published on Sep 22 2016 // Berita Utama

tourKuningan, (MR)
Tour de Linggarjati 2016 (TDL) yang merupakan event balap sepeda Internasional yang diselenggarakan ke-2 kalinya di Kuningan merupakan langkah besar bagi Kabupaten Kuningan untuk mempromosikan Kabupaten Kuningan ke dunia internasional.  Kabupaten Kuningan yang telah mencanangkan diri sebagai kabupaten agropolitan dan pariwisata termaju di Jawa Barat telah mempunyai pondasi untuk semakin dikenal dalam masyarakat internasional melalui kegiatan TDL. Kegiatan ini diharapkan menjadi trigger bagi peningkatan program pariwisata di daerah sebagaimana diungkaplan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH “Kegiatan Tour de Linggarjati adalah wujud kinerja Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk membawa citra dan potensi daerah ke panggung dunia, kita harus berpacu diera globalisasi ini, memanfaatkan semua potensi yang dimiliki daerah untuk merebut peluang dan menjadi daerah yang maju dan dapat berperan dalam percaturan pembangunan nasional bahkan global”.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Drs. H Yosep Setiawan, M.Si menegaskan “Program dan kegiatan yang dapat membawa kemajuan bagi pembangunan daerah adalah aset yang berharga, kita semua harus bersama-sama memacu diri mencari inovasi dan terobosan-terobosan untuk percepatan pembangunan. Tour de Linggarjati ini adalah salah satu contoh inovasi yang perlu ditiru dan dikembangkan”.

Tour de Linggarjati di prakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan sejak tahun 2015. Ajang Tour de Linggarjati 2016 merupakan event kedua. Tour de Linggarjati 2016 telah secara resmi menjadi agenda tahunan Kementerian Pariwisata RI.

Launching Tour de Linggarjati 2016 secara resmi dilaksanakan pada hari Selasa (13 September 2016) oleh Menteri Pariwisata RI di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI, Jakarta.
Pengakuan terhadap event Tour de Linggarjati akan menjadi dorongan motivasi yang lebih besar untuk mensukseskan acara ini “Tour de Linggarjati dalam tahun kedua telah masuk dalam agenda tahunan Kementerian Pariwisata RI, hal ini tentu merupakan kebanggaan dan sekaligus dorongan bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan event baik dari skala maupun kualitas lomba” demikian disampaikan oleh Ketua Panitia Tour de Linggarjati, DR. H.  Dian Rachmat Yanuar, M,Si.

Hadir pada acara tersebut Menteri Pariwisata RI DR. Ir. Arief Yahya, M.Sc., Sekretaris Kementerian Pariwisata RI Drs. Ukus Kuswara, MM; Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Dra Esthy Reko Astuty, M.Si; Para Pejabat Eselon I lingkup Kementerian Pariwisata RI; Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Dra. Ineu Purwadewi Sundari, MM.; Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat H. Ida Hernida, M.Si;  Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H.,M.H; Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Rana Suparman, S.Sos; Sekretaris Daerah Yosep Setiawan, M.Si; para Kepala SKPD dan Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan; para Pengusaha asal Kuningan, Agent Travel, para perantau Kuningan yang sukses di Jakarta dan insan Pers.  Acara dihadiri oleh + 300 undangan.

Dalam sambutannya Menteri Pariwisata RI menegaskan bahwa “Kuningan memiliki nature, culture dan modal yang cukup untuk pengembangan pariwisata”.  Sehingga diharapkan Kuningan kedepan bisa lebih menata obyek-obyek wisata yang ada.

Tour de Linggarjati 2016 (TDL) yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 – 30 Oktober mendatang di Kabupaten Kuningan akan diikuti oleh 10 tim nasional dan 10 tim dari mancanegara.

Sehingga total atlet yang akan bermain 100 orang.  Rangkaian TDL akan diawali dengan cycling for all yang dilaksanakan pada 27 Oktober akan diikuti oleh seluruh atlet, panitia dan seluruh lapisan masya-rakat.

Kabupaten Kuningan yang dikenal dengan bentang alamnya yang unik merupakan track yang menarik bagi para pembalap sepeda.  Dengan rute etape sepanjang 345 KM yang akan melalui 20 kecamatan dan 128 desa ini, para pemain harus menyelesaikan rute tersebut dalam 3 stages.  Kelas yang dilombakan adalah kelas utama (Men Ellite).
TDL ditujukan untuk mendorong pengembangan olahraga sekaligus pariwisata dengan memadukan event lomba dan berbagai event budaya lainnya.

Lebih jauh Pemerintah Kabupaten Kuningan berharap kegiatan ini juga akan memicu pertumbuhan ekonomi kerakyatan terutama dari sektor ekonomi kreatif, kuliner dan jasa pariwisata. >>Irwan Dgt/Hms

Leave a comment