Saturday, 17/11/2018 | 11:17 UTC+7
Media Rakyat

Untuk Buka Lahan Kebun Warga Mukomuko Gunakan Api

Bengkulu, (MR)
SEJUMLAH oknum warga di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini masih menggunakan api membuka lahan gambut untuk lokasi perkebunan, kata pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat.
Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Iskandar, di Mukomuko, Jumat, menyebutkan terhitung selama dua minggu ini oknum warga di Desa Pondokbatu dan satuan pemukiman tiga, menggunakan api membuka lahan gambut untuk perkebunan.
“Kami sudah lihat ke lokasi kebakaran itu di Desa Pondokbatu dan satuan pemukiman tiga, lahan gambut tersebut tidak terbakar sendiri tetapi sengaja dibakar,” ujarnya.
Pihaknya telah berkali-kali memberikan teguran lisan maupun tertulis kepada warga setempat yang membuka lahan kebun dengan cara dibakar, tetapi setelah berhenti sebentar lalu dibakar lagi. “Teguran sudah kami sampaikan langsung kepada orangnya, tetapi kenyataannya mereka tetap saja menggunakan cara yang lebih mudah untuk membuka lahan dengan dibakar,” ujarnya lagi.
Selain itu, pihaknya juga kesulitan untuk memadamkan api di lahan gambut yang terbakar tersebut, karena tidak belum ada jalan masuk bagi mobil PBK untuk menjangkau lokasi kebakaran tersebut. “Motor saja sulit masuk ke sana, apalagi mobil PBK jadi petugas kami tidak bisa memadamkan api,” ujarnya lagi.
Sementara sejumlah warga pemilik kebun di lokasi kebakaran tersebut, kata dia, hampir setiap hari menjaga kebunnya agar kebakaran lahan gambut yang masih kosong tersebut tidak meluas dan membakar kebun sawitnya. >> Aman S

About

pembawa suara pembangunan bangsa

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.