UMP DKI 2013 Rp2,2 Juta

Jakarta,(MR)

SETELAH bertemu dengan Dewan Pengupahan dari unsur pengusaha dan buruh, serta melakukan rapat dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI, akhirnya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menetapkan besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI 2013 sebesar Rp2,2 juta.

Angka ini hanya berbeda sedikit dengan besaran UMP yang direkomendasikan oleh Dewan Pengupahan DKI yaitu sebesar Rp2.216.243. Dengan ditetapkannya UMP ini, maka perusahaan yang bergerak di seluruh sektor atau bidang harus membayarkan upah pekerjanya minimal Rp2,2 juta per bulan per orang.

“UMP sudah kami ketok hari ini sebesar Rp2,2 juta. Angka ini kita bulatkan saja dari angka yang direkomendasikan Dewan Pengupahan,” kata Jokowi di Balaikota DKI, Jakarta, Selasa (20/11).

Jokowi mengharapkan, besaran UMP DKI 2013 yang sudah resmi ditetapkan dapat diterima oleh pengusaha dan buruh. Karena kalau tetap tidak ada kesepakatan, maka penyelesaian besaran UMP tidak bisa dilakukan. “Kalau berbicara senang atau tidak senang, puas atau tidak puas, ya, tidak akan habisnya. Nanti malah UMP tidak selesai-selesai. Jadi saya harap semuanya dapat menerima keputusan ini,” ujarnya.

Penetapan UMP DKI 2013 disebutkan telah melalui proses yang sesuai aturan hukum. Juga dengan membandingkan besaran UMP yang ada di daerah-daerah sekitar Jakarta. Memang, besaran UMP di Jakarta lebih tinggi dari daerah-daerah lainnya, tetapi perbedaannya kecil, hanya sekitar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu. “Kita di atas sedikit. Paling hanya terpaut 50 ribu dengan timur dan 100 ribu dengan barat. Kita sudah berada di tengah-tengah. Tidak mungkin kita tinggi sekali,” ungkap Jokowi.

Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang merasa keberatan atas penetapan UMP ini, Jokowi memberikan kesempatan untuk mengajukan permohonan penangguhan pelaksanaan UMP sesuai dengan Pergub No. 42 tahun 2007 tentang Tata Cara Penangguhan Pelaksanaan UMP. Hal tersebut kemudian akan diproses oleh Disnakertrans DKI Jakarta. >> Ediatmo

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.