mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Tumbuhkan Minat Baca, Kadis Perpustakaan Buat Gebrakan Baru

Published on Apr 11 2017 // Ragam

Natuna, (MR)
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Basri, punya inpian besar, untuk mencerdaskan masyarakat, lewat perpustakaan Daerah. Pasalnya dari sejumlah survey di Dunia, lewat hobi membaca, maka pengetahuan akan semakin bertambah.

Ini merupakan tugas berat bagi Kami, menumbuhkan minat baca bagi pelajar dan masyarakat sangatlah sulit. Oleh karena itu, Ada beberapa program yang sudah di buat guna menumbuhkan minat baca. Salah satunya membangun perpustakaan di seluruh desa. Hal ini sudah Saya sampaikan kepada Bupati. Dan beliau mendukung,

Sementara anggaran akan Kita ambil dari dana Desa. Angaran ADD sangat besar, jika di ambil 200 juta untuk bangun perpustakaan saya rasa tidak lah sulit, sedangkan buku. Pememerintah sediakan, nanti pihak desa yang kelola dengan menempatkan 2 pengawai honornya diambil dari dana ADD.

Ini sudah sesuai dengan visi Bupati, mencerdaskan masyarakat Natuna. Tinggal dibuat Perbup saja pasti selesai. Sementara untuk pembinaan program merupakan tugas Dinas Perpustakaan

Sekarang ini Ada 7 perpustakaan di 7 kecamatan yang sudah berjalan. Ditambah kendaraan perpustakaan keliling. Setiap hari minggu, perpus keliling menyediakan taman baca di keramaian. Masyarakat bisa memanfaatkan untuk menambah pengetahuan. Sedangkan kantor perpustakaan di buka hari Sabtu. Meski merupakan hari libur perpustakaan tetap buka, karena hari itu banyak peluang dimasyarakat untuk membaca. Kita ingin wujudkan visi misi Bupati lewat gemar membaca.

Ada keinginan dari Saya agar di samping kantor di bangun berupa pondopo kecil, agar masyarakat atau pelajar yang ingin membaca bisa datang sambil bersantai. Bahkan, nantinya bakal Kami sediakan kopi gratis, guna menumbuhkan minat baca di masyarakat.

Saya rasa Pemerintah tidak bakal keberatan untuk mengalokasikan dana membeli gula kopi. Bagi Saya di tugaskan jadi Kadis Perpustakaan merupakan tugas berat dan mulia. Seperti yang Saya katakan tadi merobah mainset di masyarakat agar gemar membaca bukan tugas gampang. Meski demikian kita ingin mendorong program gemar membaca, untuk menambah pengetahuan masyarakat.

Untuk buku pelajaran akan Kita buat 40 persen, lebih banyak pengetahuan umum. Survey mengatakan kenapa Negara Singapura masuk daftar orang pintar di Dunia?, jawabnya mereka gemar membaca, ucap Basri kepada wartawan.

Program Natuna membaca sendiri akan mulai diterapkan. Jika masyarakat sudah cerdas dan mandiri hingga ke Desa, akan tercipta one library, one village. Sesuai visi Bupati menjadikan masyarakat cerdas, mandiri, dalam kerangka keimanan, berbudaya Tempatan.

Visi Bupati sejalan dengan nawacita Jokowi, membangun Indonesia dari pinggiran, memperkuat Daerah. Desa dalam kerangka kesatuan, melalui kwalitas manusia lewat pendidikan, sehingga terwujud kemandirian ekonomi dengan cara menggerakkan sektor ekonomi.

Untuk Natuna sendiri berbagai faktor kendala ditemukan, rendahnya daya saing SDM diakibatkan belum optimalnya pemerataan, Dan keterjangkauan kwalitas pelayanan pendidikan itu sendiri. Belum tercapainya, kesejahteraan bagi petani dan nelayan.

Sehingga Kita buat konsep olov. Agar proses pendidikan dimulai dari desa. Menumbuhkan pengembangan minat, bakat, kegemaran dan kemampuan serta kebiasaan membaca. Penyediaan buku ketrampilan untuk mendukung kegiatan sehari-hari dimasyarakat, seperti buku pertanian, perikanan, cara pengelolaan dan pemasarannya.

Mendidik masyarakat agar dapat memelihara dan memanfaatkan buku yang ada. Maka tugas media sangat penting untuk penyampaian kepada masyarakat. Jika ini tercapai, maka peningkatan taraf hidup di desa bakal tercapai.

Oleh sebab butuh dukungan dari semua pihak. Pemerintah perlu menyediakan Perda/ Perbup yang baru, dan meninjau kembali review Perbup dana desa. Perdes tentang pembentukan perpus Desa, Penyediaan sarana taman bacaan, mulai dari lahan bangunan sampai buku dan SDM.

Terkait pendanaan dapat diambil dari APBD, ADD dan bantuan pihak swasta berupa CSR. Jika ini bisa dilaksanakan dengan baik, Saya rasa SDM Natuna bakal jauh lebih baik, dengan demikian Anak anak Kita tidak takut lagi untuk bersaing. Oleh karena itu Kami berharap peran media sangat penting untuk mensosialisasikan kegiatan yang sangat berharga ini, bagi Kita semua. >>Roy

Leave a comment