Thursday, 15/11/2018 | 7:15 UTC+7
Media Rakyat

TMMD, Bukan Sekedar Membuka Keisolasian Desa Terpencil, Tetapi Juga Untuk  pendekatan Diri Dengan Masyarakat.

Natuna(MR)-Duduk bersandar, Dandim 0318, DIsibukkan setumpukkan  berkas kerja, diatas  meja. Jumat 13 Juli,2018.Meski  terlihat Sibuk, Namun Komandan  Distrik Militer 0318 Kodim Natuna itu, terlihat tersenyum, kala beberapa Media menyambanginya.

Silahkan duduk, ucap Letkol Infantri Yusup Rizal ramah. Lelaki Tamatan Sarjana Sosial  itu, mulai berbicara secara lugas, terkait program Nasional TMMD, yang sedang berlangsung di Pulau Tiga Barat, tepatnya di desa Sabang Mawang.

“Ini merupakan program Nasional ucap Yusup Rizal. Sekitar, 50, Kodim diseluruh  Indonesia, turut melaksanakan TMMD,(Tentara Manunggal Masuk Desa). Dan akan di lombakan.jika TMMD, sudah selesai akan ada rapat evaluasi , guna menentukan,Daerah mana terbaik dalam melaksanakan kegiatan TMMD.

Bukan. Itu saja, jurnalis yang melakukan pemberitaan, Karya tulisnya dilombakan. Siapa  lebih baik akan dijadikan pemenang, ditingkat Nasional. dan akan terima dana ,pembinaan . Namun Kodim Natuna, juga  memberikan penghargaan berupa dana pembinaan bagi media  daerah , tambah Yusuf Rizal.

Dari hasil Peninjauan dilapangan, serta  laporan.afdat  Anggota  , setiap harinya, progres pekerjaan. Sudah mencapai 20 persen. Meski sedikit  ada kendala, mengingat faktor cuaca Natuna sulit diprediksi, dikarenakan musim, tidak jelas. Dirinya tetap , oktimis kegiatan kemasyarakatan ini, bisa selesai tepat waktu. Bahkan lebih cepat dari jakwal yang sudah ditentukan.

Mengingat ,pekerjaan berkaitan   dengan. Pisik,  maka Saya minta anggota TNI-Polri, dan masyarakat sedang membangun , agar bekeeja secara maksimal. Untuk mengantisipasi , Apabila hujan, turun  terus menerus ucapnya.

Untuk material semen, dan bahan lainnya, Kita datangkan dari Ranai.Kecuali pasir sama batu, Kita beli dari masyarakat Disana.sampai saat ini, pengiriman material tidak ada masalah.

Adapun anggaran TMMD, diambil dari dana APBD, namun pengelolaannya secara swadaya. Pemerintah membantu menyuplai material, sementara Kodim sendiri membantu tenaga, ucapnya lagi.

Dalam pelaksanaan TMMD, bukan hanya TNI Polri Saja yang dilibatkan, masyarakat juga. Karena, kemanunggalan TMMD tanpa masyarakat, bagai  sayur  Tampa garam.
Sekitar 220 orang dari berbagai lini, bekerja ,untuk mensukseskan TMMD itu sendiri.

“Pada prinsipnya, Pemda menyiapkan materialnya, Teknis dilapangan pelaksanaannya, Kita”.

Ada dua jenis pekerjaan saat kegiatan, TMMD, Pisik dan Non pisik. Pisik berupa pembangunan jalan, semenisasi sekitar 437×5 meter. Untuk non pisik,  tentang penyuluhan, peningkatan wawasan masyarakat ,  tentang wawasan kebangsaan, pertanian,  sosialisasi bahaya narkoba. Kita ,bekerja sama dengan Kepolisian resort Natuna.

Mungkin ada pertanyaan, kenapa Pulau Tiga jadi sasaran?.Dari hasil musyawarah, dan keputusan Musrenbangdes, dan hasil survey yang Kita lakukan, bersama Pemerintah Daerah, beberapa waktu lalu, Ternyata jalan lingkar  Pulau tiga, merupakan akses Kebutuhan masyarakat sangat penting.

Jalan lingkar ini, sudah 11 tahun dibuka, namun tidak dilanjutkan, sehingga sulit  untuk dilalui, terlebih bila musim penghujan. Padahal, kata sang Komando, akses ini sangat penting untuk  perekonomian masyarakat.
Memang ada alternatif  jalan laut, tapi jaraknya jauh, harus mutar .Belum lagi resiko ombak, ucapnya.

Jalan ini Sudah berulang kali dilakukan pengerasan oleh pemerintah setempat. Tetapi akses ini masih belum bisa dilewati secara normal.

Jalan penghubung  Antar  desa Sabang Mawang dengan Tanjung batang,kini menjadi perhatian khusus. Sehingga TMMD dilaksanakan disana.

Saya oktimis, pekerjaan selesai lebih cepat dari sebelumnya.Perkiraan tidak sampai 1 bulan. Jika sudah siap,  Kita serahkan lagi Kepada Pemerintah Daerah,sebagai laporan, tentang hasil  progres kerja dilapangan.

Dipenghujung pembicaraan, Letkol Yusuf Rizal S.sos,menyebut,  TMMD,  bukan hanya membuka keisolasian, sebuah daerah ,terpencil , terluar, dan tertinggal. Juga sebagai  upaya pendekatan diri kepada masyarakat./Roy.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *