mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Tim Penilai LSS-UKS Tahun 2017 Sambangi Kabupaten Tanggamus

Published on Oct 13 2017 // Pendidikan

Tanggamus, (MR) – SMP 1 Gisting Sambut Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS-UKS) tahun 2017 menyambangi Kabupaten Tanggamus dalam rangka melakukan penilaian terhadap UKS ditiga sekolah yang maju dalam LSS-UKS tahun 2017.

Kedatangan Tim Penilai yang dipimpin Ratna Dewi dari Biro Kesmas Setprov Lampung beserta rombongan di SMK Muhammadiyah Gisting tempat opening ceremony berlangsung, Rabu (11/10) disambut Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I, Ketua Tim Penggerak PKK Tanggamus Hj.Afillah Samsul,S.Pd.I Ketua DWP Tanggamus Ny.Arjuliati Syam dan jajaran kepala SKPD dilingkungan Pemkab Tanggamus.

Dalam sambutannya, Wabup Tanggamus Hi.Samsul Hadi memberikan apresiasinya atas terselenggaranya LSS-UKS tahun 2017 tingkat Provinsi Lampung. Menurut Wabup kegiatan ini sebagai suatu upaya meningkatkan mutu pendidikan sekaligus derajat kesehatan dilingkungan sekolah.

“Pemkab Tanggamus melalui Dinas Pendidikan dan instansi terkait telah memprogramkan berbagai kegiatan yang mendukung pelaksanaan program LSS –UKS, diantaranya pelatihan dokter kecil tingkat SD, pelatihan kader kesehatan remaja tingkat SMP, dan lomba sekolah sehat tingkat TK,SD,SMP,dan SMA,” kata Samsul.

Dilanjutkan Wabup, bahwa sudah menjadi tekad bagi Pemkab Tanggamus dalam menyukseskan setiap kegiatan UKS hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang telah mencanangkan Indonesia sehat tahun 2020. “Maka dari itu Pemkab Tanggamus sepakat melalui LSS-UKS tujuan dari pemerintah pusat itu bisa tercapai,” ujar Samsul.

Dijelasakan Wabup, bahwa tahun 2017 ini Pemkab Tanggamus mengajukan empat sekolah untuk maju dalam LSS-UKS tingkat Provinsi Lampung yakni TK Fransiskus Gisting, SD Negeri 1 Antar Brak Kecamatan Limau, SMP Negeri 1 Gisting dan SMK Muhammadiyah Gisting.

“Kalau dipercaya oleh Provinsi untuk menjadi Wakil ke tingkat nasional dalam lomba UKS ini kami siap semua, baik itu TK, SD, SMP dan SMA, kesiapan kami selain tekad dari masing-masing sekolah juga tekad kami Pemkab Tanggamus, hal ini bertujuan agar bisa memberi pembelajaran hidup sehat yang diawali dari sekolah. Semoga sekolah yang ikut dalam penilaian LSS-UKS tahun 2017 bisa mendulang prestasi,” harap Samsul.

Sementara itu Ketua Tim Penilai LSS-UKS Tingkat Provinsi Lampung Ratna Dewi dalam sambutannya mewakili Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo mengatakan bahwa lomba sekolah sehat merupakan salah satu upaya penting dalam rangka pembinaan dan mengevaluasi sejauh mana program UKS dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.

Adapun Visi UKS, lanjut Ratna yakni “Anak didik sehat, cerdas, berkualitas, dan berakhlak Mulia”. Untuk mencapai visi itu maka perlu adanya peningkatan derajat kesehatan anak didik melalui pengembangan peran serta masyarakat sekolah dan masyarakat disekitar sekolah,serta meningkatkan kualitas anak didik untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.

“Beberapa sasaran UKS yang menjadi target program kita adalah Strata UKS Model yaitu tersedianya konseling kesehatan reproduksi remaja disekolah, pemberantasan kecacingan dengan pemberian obat cacing pada anak sekolah,” kata Ratna.

Setelah opening seremoni, rombongan tim penilai, langsung menyebar untuk melakukan penilaian ke masing-masing sekolah. >>Irawan

Leave a comment