Tidak Harus Menunggu Durian Jatuh Dari Pohonnya

Sukabumi, (MR)
Masyarakat desa cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengadakan kerja bakti memperbaiki jalan, tepatnya di Kp. Tugu RT001 & 002/ RW 01 (arah Karangtengah-Caringin)
Dalam kurun waktu yang cukup lama dan menunggu kapan jalan akan diperbaiki yang mana status jalan tersebut milik Kabupaten dan juga seharusnya diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, akhirnya masyar-akat desa cijengkol,  bertindak untuk memperbaikinya secara Gotong Royong.
Dengan cara mengecor asal-asalan karena tidak adanya anggaran dan memang tidak bisa menggunakan anggaran desa baik Dana Desa ataupun Bankeu Provinsi, karena status jalan tersebut milik Kabupaten, dengan harapan jalan yang sudah hancur hampir 3 tahun ini bisa dilalui atau dilewati oleh para  pengguna jalan. “Pasalnya banyak sekali pengguna jalan terutama pemakai kendaraan roda dua kerap sekali mengalami kecelakaan, yang tidak lain akibat hancurnya jalan tersebut,” tutur Haer Suhermansyah Kepala Desa Cijengkol.
“Lanjutnya, semua material yang diperlukan dalam perbaikan jalan tersebut diperoleh dengan cara mengadakan sumbangan secara sukarela, dengan diprakarsai oleh para pemuda Kp. Tugu RT001 & 002/ RW 01, dengan dipelopori oleh seorang warga bernama Mahbub,” pungkasnya.
Pada kesempatan tersebut kepada wartawan Media Rakyat Haer Suhermansyah mengatakan, “jalan yang dirabat beton tersebut adalah betul jalan lintasan antara Karangtengah-Cibadak menuju Caringin dan statusnya adalah jalan milik Kabupaten, namun hingga sekarang setelah saya mencoba melaporkan kondisi jalan tersebut ke pihak PU Kabupaten, tapi apa yang diharapkan sampai dengan hari ini tidak ada realisasi dari Pemerintahan Kabupaten Sukabumi untuk memperbaikinya,” keluhnya.
“Padahal jalan tersebut betul-betul sangat berfungsi apalagi pada saat di jalur Protokol/jalan negara macet, yang mana dapat dijadikan sebagai jalan Alternatif, dengan tidak adanya realisasi dari Kabupaten, pemerintahan desa cijengkol dengan bergotong royong memperbaiki jalan tersebut dengan istilah tidak harus menunggu durian jatuh dari pohon, dan alhamdulillah jalan tersebut dapat diperbaiki oleh pemerintahan desa cijengkol, walaupun banyak sekali kekurangannyadan hambatan  tapi itu semua tidak menjadikan alasan bagi desa cijenkol untuk tidak memperbaiki jalan milik kabupaten tersebut, karena memang kondisinya yang sudah hancur dan sering menimbulkan kecelakaan terutama kendaraan roda dua,” lanjut Haer.
Lebih lanjut, “dan kalaupun Kepala Desa memberikan semacam  bantuan material, itu artinya secara pribadi bukan atas nama Pemeritahan Desa Cijengkol, dan secara lisan, Pemerintahan Desa Cijengkol dan semua lapisan warga masyar-akat sangat berharap ada kepe-dulian khusus dari Pemerintahan Kabupaten Sukabumi terhadap jalan milik Kabupaten yang sudah hancur tersebut,” tutup Kepala Desa Cijengkol ini. >>Djoko Samudro

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.