mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Terjawab, Bupati Lantik Plt Sekda menjadi Sekda Devinitife Teluk Bintuni

Published on Aug 08 2018 // Papua Barat


Bintuni, (MR) – Bertempat di Gedung Sasana Karya Kantor Bupati Teluk Bintuni Bumi Saniari SP 3 Distrik Manimeri , Pemerintah Daerah (Pemda) Teluk Bintuni melaksanakan kegiatan pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) yang cukup lama di nantikan oleh masyarakat sisar matiti.

Atas penantian yang cukup panjang dan pertimbangan yang matang secara resmi Bupati Teluk Bintuni Ir.Petrus Kasihiw,MT melantik pejabat Sekretaris Daerah(Sekda) devinitife berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah dan juga berdasarkan surat Persetujuan Gubernur Papua Barat Nomor 907/X.821.2/BKD/V/2018 tanggal 28 Mei 2018 yang kemudian ditindak lanjuti dengan keputusan Bupati Teluk Bintuni Nomor 821-227/2018 tanggal 3 Agustus 2018, maka di lantiklah Gustaf Manuputty,S.Sos,M.M menjadi Sekda, Rabu (8/8/2018).

Sebelumnya Gustaf Manuputty,S.Sos,M.M mejadi pelaksana tugas (Plt) Sekda Teluk Bintuni.

Dalam sambutanya Ir.Petrus Kasihiw,MT mengatakan, “jabatan Sekda sesungguhnya mempunyai peran yang sangat penting,karena Sekda berkewajiban membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan,serta membina hubungan kerja dengan Dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya. Oleh karena itu, dengan fungsi yang demikian maka sekretaris daerah sesungguhnya merupakan motor penggerak organisasi pemerintahan daerah” di katakannya di hadapan para tamu undangan dan Sekda terpilih.

Bupati juga memberikan pesan kepada Sekda yang baru agar menyadari bahwa, tantangan tugas-tugas pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni di hari-hari mendatang semakin berat, terutama untuk menengani tuntutan dan harapan masyarakat, untuk mencapai visi pembangunan kabupaten ini menuju masyarakat yang maju, produktif dan berdaya saing. Maka, kepada saudara Sekda dapat menghayati peran dan fungsinya tersebut, sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat memberikan kontribusi yang besar untuk lebih mendinamisasikan organisasi Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni.

” Karena, di tangan saudaralah upaya untuk mendorong terlaksananya berbagai kebijakan pemerintah Kabupaten ini ditentukan ” ujarnya.

Dalam kaitan itu, saya meminta kepada saudara Sekda dalam melaksanakan tugasnya memperhatikan beberapa hal sebagai berikut, Pertama , tingkatkan disiplin ASN, lakukan upaya untuk menyeimbangkan antara peningkatan kesejahteraan dengan hukuman (Reward and punishment) dan daya gunakan semua potensi PNS yang kita miliki dengan prinsip birokrasi yang cepat, tepat akurat, namun taat azas. Kedua, kembangkan sistem penyusunan anggaran yang berbasis kinerja dengan menggunakan pola bottom up. Dan yang ketiga, bangun hubungan kerja yang baik dengan mitra kerja seperti DPRD dan Forkopimda dalam rangka mengembangkan kebijakan daerah dan kelancaran dalam menghadapi hambatan tugas pembangunan dan pemerintahan.

Dan akhirnya saya sekali lagi sampaikan atas nama pribadi dan pemerintah Daerah, mengucapkan selamat kepada Saudara Gustaf Manuputty, S.Sos, MM , selaku sekretaris daerah definitive, “Saya yakin dan percaya bahwa saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya”, Pungkas Bupati menutup sambutannya.

Saat kegiatan pelantikan para Kepala Dinas,TNI dan POLRI hadir, dan juga turut serya lintas sector,seperti BUMN.

Diakhir pelantikan,ditutup dengan sesi foto bersama dan ucapan selamat kepada Sekda dan istrinya dari seluruh tamu undangan yang hadir dan terucap kata selamat melaksanakan tugas. (Haiser Situmorang/Humas & Protokoler)

Leave a comment