Stok Obat, Puskesmas Cukup.

 

 

Natuna (MR)- Plt Kadis Kesehatan Natuna, Abdul Gani , mengaku ,stok obat obatan di seluruh Puskesmas  tercukupi. hal tersebut disampaikan ,kepada wartawan, kamis 31 agustus 2017, di ruang kerjanya.

“Kalau masalah obat, sipatnya umum, mencukupi. Kecuali yang khusus, mungkin ada kekurangan.

Dijelaskannya, Pemerintah daerah tiap tahun mendapat bantuan hibah obat obatan dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi, .Ditambah lagi dari APBD. Kita juga lagi melakukan  lelang anggaran obat obatan, dari dana Alokasi Khusus.(DAK).

Diakuinya , tahun lalu, ada  kekurangan obat,di Puskesmas  karena ,ada beberapa lelang, tidak kita lakukan, penyebabnya ada regulasi dan peraturan baru, harus memakai ,E Katalog.sementara Kita sudah terbiasa pakai lelang. Makanya tidak semua terlaksana.

Ditambah lagi,kontraktor , kurang memahami .Belum lagi pembelian obat khusus, berada di distributor tertentu.Ini menjadi kendala juga.

Adapun obat yang biasa kita sediakan, sipatnya umum.
Kalau di gudang Farmasi, masih readi stok.Puskesmas secara umum masih ada, kecuali, obat khusus, mungkin ada kurang satu dua. Katanya.

Menurut Abdul Gani, penyakit yang bayak ditemukan di Natuna, adalah, Darah tinggi,Kolestrol, dan  TBC.Hal ini sudah sering kita  sosialisasikan, agar menjaga pola makan. Kita tau Natuna, ikannya serba segar, jika makan terlalu berlebihan ini pemicu nya.

Untuk TBC. Berasal dari virus, penyakit ini menular, tapi bisa di obati, dengan cara rutin,  makan obat selama 6 bulan.Tidak boleh ada yang telat.Kalau terjadi, harus diulang kembali.

Yang namanya pengadaan obat obatan, baik lelang, maupun E.Katalog telah dilaksanakan.Kalau dibilang, mana lebih efisien, dan cepat. Pasti  E.katalog, karena tidak butuh waktu lama.Beda dengan  lelang, banyak waktu tersita. Ucap sang Kadis./Roy.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.