mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Sosialisasi Pembentukan Modal Tetap Bruto(PMTB). Singgung Angka Kemiskinan Dan Pengangguran.

Published on Apr 17 2018 // Natuna Membangun

 

Natuna(MR)- Badan Pusat Statistik Kabupaten Natuna, Pagi ini, melakukan sosialisasi, Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto(PMTB) dalam melakukan kordinasi dengan dinas , instansi dan perusahaan, di Kabupaten Natuna.

Acara dibuka resmi oleh Asisten III administrasi, Drs Izwar Aspawi selasa 17 April bertempat di hotel center.

Asisten III Kabupaten Natuna Izwar Aspawi, dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah terus melakukan pembenahan , berhubungan dengan data statistik.

Amanah UU no 16 tentang statistik, dan peraturan Pemerintah no 51 tahun 1999.

Tahun 2018, BPS akan melakukan sosialisasi PMTB, di daerah Kabupaten Natuna.Kegiatan ini, disambut positif Pemerintah Daerah.Gunanya , mewujudkan peningkatan perekonomian dan pengembangan ekonomi daerah.

Tempat sama Kepala BPS, Natuna.Drs Bustami, dalam sambutannya mengatakan,
PNPB, merupakan data statistik Nasional.

Indikator ini, perlu diuraikan lewat pemerintah ,instansi maupun swasta.

Investasi salah satu instrumen penting bagi perekonomian suatu Negara. Ini sejalan dengan prioritas Nasional Pemerintah pada 2018 .

Program perbaikan iklim investasi ,untuk menciptakan lapangan kerja. Dibutuhkan data tentang informasi investasi sebagai landasan program pemerintah.

Data tersebut ,sudah dikelompokkan bersama, lapangan usaha dan institusi. Dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah sangat intens melakukan pembangunan infrastruktur. Sehingga dipandang perlu untuk menyusun disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB).

Investor membutuhkan peta investasi lebih rinci ,tentang gambaran investasi di Indonesia.

Dengan begitu, mereka dapat menyusun rencana investasi lebih efektif dan efisien. Apalagi di era perang dagang saat ini. Dimana beberapa negara adikuasa, seperti Amerika Serikat telah melakukan kebijakan proteksi ekonomi.

Badan Pusat Statistik (BPS) menjawab kebutuhan data ini dengan menyelenggarakan kegiatan survei ,penyusunan disagregasi PMTB pada tahun 2018.
Akan menghasilkan data , lebih rinci tentang penambahan dan pengurangan barang modal menurut jenis aset tetap, sektor institusi, dan lapangan usaha sebagai dasar untuk perumusan berbagai kebijakan dan analisis secara makro maupun mikro. Tidak hanya itu, data ini juga bisa digunakan dalam penyusunan stok capital pada 2019 mendatang.

Penyusunan disagregasi PMTB memang sangat diperlukan, mengingat PMTB merupakan komponen penyumbang pertumbuhan ekonomi. PMTB memberikan gambaran besaran investasi.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, investasi yang tercermin dari PMTB pada tahun 2017 tumbuh 6,15 persen. Kontribusi komponen ini terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yakni 32,16 persen. Pertumbuhan investasi ini ditopang oleh maraknya pembangunan infrastruktur dan investasi swasta seperti pengadaan mesin.

Komponen konsumsi rumah tangga memang masih mendominasi terhadap kontribusi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, pemerintah juga, terus berusaha menggenjot investasi sebagai penggerak roda perekonomian.

Dengan informasi jelas dari hasil disagregasi PMTB ini akan memudahkan para investor ,dalam menentukan jenis investasi akan dilakukan.

Dengan begitu, iklim investasi dapat meningkat sesuai target pemerintah. Ini menjadi sangat penting bagi pemerintah , telah memberikan banyak kemudahan dalam investasi.

Dukungan dari semua pihak dibutuhkan dalam menyukseskan prioritas nasional tahun 2018 yakni “pengembangan dunia usaha dan pariwisata”. Diharapkan dengan tersedianya data akurat, di bidang investasi , bisa berpengaruh positif terhadap penciptaan lapangan kerja. Data ini juga menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah terhadap berbagai program ,telah dijalankan untuk mempermudah investasi di Indonesia.

Sosialisasi ini merupakan amanah presiden yang ke 4
Ada 44 lembaga yang akan disosialisasikan.

Tujuan dan manfaat ,sebagai gambaran nilai kekayaan diperoleh dari hasil pembangunan.

Dalam suatu periode tertentu. Kemudian untuk menghitung modal investasi dimasa mendatang.
Penghitungan PDB/PDRB,menurut pengeluaran variabel sekaligus mengetahui produktifitas dan efisien suatu perekonomian . /Roy.

Leave a comment