Sosialisasi  Menkumham Bangun Budaya Hukum Masyarakat Desa Maupun Kelurahan.

 

Natuna(MR)- Puluhan Kepala Desa bersama lurah dan camat , hari ini mendapat penyuluhan hukum dari Kementerian Hukum dan Ham Kepulauan Riau, di kantor Bupati Natuna jalan Butusisir Bukit Arai .Selasa 14/05/2019.
Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekda Natuna,Wan Siswandi.

Mengawali sambutan Sekda melontarkan permohonan maaf, Bupati Natuna karena tidak dapat hadir dikarenakan ada tugas, diluar daerah.

Sesuai angenda Presiden, Kabupaten Natuna ditetapkan menjadi daerah, Pertahanan, Perikanan,Wisata Migas dan Lingkungan Hidup.Ada lima pilar percepatan pembangunan . Oleh karena itu butuh pemahaman dan sosialisasi tentang hukum dan Ham, sehingga tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

Untuk mendukung itu,berbagai pembangunan terus digesa. Listrik sudah hampir semua terlayani, jalan juga terus di bangun. Sedang perikanan dan wisata, masih tahap pengembangan. ucap Siswandi.

Kepala divisi pelayanan hukum Kemenkumham Kepri, Darsyad dalam sambuta, sosialisasi hukum sangat penting agar semua bisa memahami tentang hukum, sehingga dapat memperkecil pelanggaran hukum didaerahnya itu sendiri.

Ucapan terima kasih juga dilontarkan kepada Pemkab Natuna atas sambutan yang luar biasa. Sebelum kegiatan saya telah dibawa Sekda jalan jalan, melihat keindahan alam Natuna. Ia mengakui wisata Natuna, lebih bangus dari wisata Bangka Belitung. Tinggal tata cara pengelolaannya.

Bagaimana membentuk Desa dan Kelurahan. Program ini dari Kemenkumham. Tahun ini ada lomba sadar hukum. Di Tanjung pinang, antar Kabupaten.Silahkan Pemkab Natuna mengirimkan kelompok Sadarhukum .

Adapun penilaian kriteria,adalah, masyarakat mau Banyar pajak. Tidak nikah dibawah umur .Pencegahan Narkotika.Komitmen dalam melindungi Anak dan Perempuan serta perlindungan disablitas . Inilah kretaria desa atau kelurahan yang sudah sadar hukum . Jika belum akan dilakukan pembinaan . Jika sudah nanti diajukan kepada Bupati untuk dikeluarkan SK, dan diteruskan ke Gubernur. Dan diteruskan kepada Kemenhumham.

Adapun yang akan menjadi narasumber adalah bagian penyuluh hukum muda Kemenhum Kepri Sukmawati SH.MH.

Tujuan meningkatkan kesadaran hukum serta mewujudkan budaya hukum pada masyarakat serta melaksanakan amanat Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional tentang pembinaan dan pembentukan desa/kelurahan sadar hukum, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau. Acara Penyuluhan Hukum di ikuti lurah kades dan camat se Bunguran Besar./Roy.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.