mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Sosialisasi Konservasi Jenis Ikan Yang Dilindungi (Penyu)

Published on Jul 31 2016 // Berita Utama

PenyuKotabaru, (MR)
Sosialisasi Konservasi Jenis Ikan Dilindungi (Penyu) Kementerian Kelautan Dan Perikanan Direktorat Jendral Pengelolaan Ruang Laut Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir Dan Laut Pontianak, Bertempat di Aula Dinas Perikanan Kelautan Dan Perikanan Kotabaru, Kamis (21/07/16).

Sosialisasi konservasi Jenis ikan di lindungi hadiri Kepala BPSPL Pontianak, Satker BPSPL Banjarmasin, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan, Dinas Perdagangan, Karantina Ikan, BKSD Kalsel, Lanal, Pol Air, Perwakilan Camat, Kepala Desa, tokoh nelayan Kotabaru.

Kepala BPSPL Pontianak Gatreda Melsina Hehanussa, S,PI,M.SI dalam sambutannya, “Provinsi Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Kotabaru memiliki potensi yang cukup besar ada beberapa jenis ikan yang di lindungi seperti Penyu, Paus, Lumba-lumba dan sebagainya, untuk habitat penyu di lindungi baik Internasional dan Nasional yang mana tidak boleh di perdagangkan baik bagian tubuhnya,mau produk turunnya.

Kata Melsina, “Penyu termasuk biodata yang di lindungi baik secara Internasional, pelanggaran terhadap aturan yang berlaku akan kena Pidana, denda, UU No 5 “Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Keppres No 43 Tahun 1978 (Ratifiasi CITES), BPSPL Pontianak melakukan sorpe dan sosialisasi kepada masyarakat dan Intsansi terkait langsung memberian himbauan di lapangan bagaimana lestarikan penyu.

Stop menganggap penyu, stop mengganggu sarang penyu, stop memakan daging penyu, stop mengkonsumsi telur penyu, stop memperjual beli kan seluruh atau bagian tubuh dan telur penyu, stop menggunakan aksesoris berbahan karapas/sisik/tempurung penyu, mengkonsumsi telur penyu dapat menyebabkan kerusakan ginjal, diare, typhus, keguguran pada janin, tekanan darah tinggi, jantung, dan Stroke.

Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Fachruddin Rif’ani, SPI,M.AP mengatakan, “Kita mengucapkan terima kasih kunjungan BPSPL Pontianak dan BPSPL Satker Banjarmasin memberikan sosialisasi Konservasi Jenis Ikan yang di lindungi (Penyu) di Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru, kemarin ada kunjungan Bupati ke lapangan beberapa kegiatan di Kecamatan kita mendapat PR banyak. Ada laporan dari masya rakat di pulau sembilan bahwa terjadi hal-hal yang sipatnya pengrusakan, pembunuhan terhadap penyu, pengambilan telur penyu yang seenaknya, banyak pemboman di lapang.

Kata Fachruddin, “Nah hari udah terjawab dengan ada Sosialisasi dari BPSPL Pontianak membatu kita dalam bekerja sama, satu pikiran dalam penanganan sosialisasi konservasi jenis ikan yang di lindungi (Penyu),” tutup. >>Hasan

Leave a comment