mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Solidaritas Sosial Desa Ngreco

Published on May 02 2017 // SosEkBis

Kediri, (MR)
Salah satu kegiatan Kepala Desa Ngreco yang berada di wilayah Kandat Kediri diantaranya kebiasaan rutin solidaritas sosial di masyarakat,menghadiri dzikir (zikir widak) berbaur bersama ratusan warga desa setempat di acara selamatan kematian.ketulusan ini sudah melekat sebelum jadi Kades, bahkan setelah terpilih 3 tahun yang lalu. Merupakan agenda rutin setiap ada warganya yang meninggal, merupakan kebiasaan yang positif berkaitan dengan partisipasi, dan hal ini yang membedakan diantara kades lain.

Disamping sebagai pelayan masyarakat, Pemdes sangat tahu tugas dan tanggung jawab berat bagi seorang Pemimpin, yaitu melindungi, mengayomi, membuat rasa aman, juga harus bisa menyelesaikan permasalahan, juga harus mempunyai ide-ide yang brilian dalam menuntaskan kemiskinan serta menjadikan Desa maju, sejahtera bagi masyarakat. Kenyataannya jalan-jalan di Desa Ngreco halus dan lancar dilalui kendaraan,akhirnya akses perekonomian semakin cerah. Para pedagang, pengusaha, petani dengan membawa hasil usaha, hasil pertanian dengan lancar.

Budi Stiono Tri N (Kades) menjelaskan, “Alhamdullillah perkembangan Perangkat Desa Kami sudah meninggalkan kebiasaan lamanya sebelum kepemimpinan Saya, sebagai pelayan yang baik bila warga mencari perangkat selalu ada (standby) di kantor. Sesuai komitmen awal,bahwa kami akan memenuhi kewajiban dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya, dan seadil-adilnya, taat pada aturan yang berlaku. Pada akhirnya bisa bermanfaat bagi anak cucu kita.

Nanti bisa memberikan contoh perilaku yang baik. Satu hal lagi, bahwa kami tanpa pamrih lahir batin dalam melakukan kebiasaan dzikir di kematian warga, tujuan Kami untuk menambah bekal almarhum dalam menghadap Allah SWT.”

Kades menambahkan, “Islam mengajarkan dzikir mengharuskan adanya rasa suka, dan cinta kepada Allah SWT, maka tidak akan ada yang mengamalkan kecuali jiwa yang dipenuhi rasa suka,dan cinta untuk selalu mengingat, dan kembali kepadaNya.”

Pernyataan diatas dibenarkan warga yang berinisial WT (40). Selalu mendukung penuh kegiatan agama, Kades juga banyak membantu warga kurang mampu yang dulunya rumah tinggalnya tak layak, sekarang jadi nyaman ditempati. Sedangkan di bahan makanan pokok beras miskin (raskin) tetap yang menerima masyarakat standar kebawah, karena kepedulian Kades nyatanya sekarang tidak ada yang kekurangan makan.

Kemudian yang menjadi unggulan program Desa Ngreco adalah pencegahan dini penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Dengan menggalakkan untuk menaruh ikan di kamar mandi, dan bak wc. Ternyata sangat efektif sekali dalam pencegahan dari pada mengobati. Sudah terbukti dulu Desa ini pernah banyak masyarakat yang terkena chikunguya yang disebkan oleh nyamuk, dengan adanya arahan Desa untuk masing-masing ditaruh ikan, kini penyakit dari nyamuk sangat berkurang sekali. >>Ags

Leave a comment