Serasan   Siap Dibangun Pos lintas Batas Negara?

Natuna(MR)- Banyak warga Serasan ditangkap karena menjual dan membeli  barang ke Negara Tetangga, tepatnya di daerah Sematan, Malasya Timur, memaksa Pemerintah bekerja ekstra.

Kepedulian Pemkab Natuna terhadap warga Serasan kini membuahkan hasil. Pos lintas Batas Negara selama ini dinanti warga mendapat angin segar.

Kunjungan Bupati Natuna  Abdul Hamid Rizal di Daerah Perbatasan, bersama Kementerian dan lembaga terkait, untuk meninjau persiapan pembangunan  PLBN di Kecamatan Serasan, notabenenya berhadapan langsung dengan Negara Jiran  Malasya.

Acara dilaksanakan di gedung Serbaguna Serasan Induk  Jumat pagi, 22/03/2019, di hadiri ratusan masyarakat.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dalam sambutannya mengatakan, Pos Lintas Batas Negara. Hari ini akan dibangun di daerah Serasan. Sebagai Bupati peduli terhadap warganya , langsung menyurati kementerian terkait dan Presiden. Alhamdulillah, Presiden langsung merespon .

Presiden  sangat besar perhatiannya terhadap daerah perbatasan. Sebenarnya Jokowi ingin datang namun karena ada kerjaan jadi ditunda. Saya berterima kasih kepada masyarakat Serasan telah menyambut baik Pembangunan PLBN ini. Meski awalnya ada kendala, karena pemilik tanah, minta harga  1,5 juta / meter . Bagi saya ini menghambat, jangan gara -gara satu orang masyarakat banyak kena imbasnya. Untuk itu saya sudah berpikir untuk mengalihkan lahan. Karena ada indikasi menghalang halangi percepatan pembangunan di Serasan .

Perlu diketahui masyarakat, harga tanah tidak bisa ditentukan oleh Pemerintah, tapi lewat tim independen. Siang malam saya, memikirkan agar PLBN  dibangun ,guna peningkatan perekonomian . Tujuan Saya baik, ingin membangun Serasan bersama Daerah lainnya agar ekonomi masyarakat meningkat, ucap Hamid. Untuk itu mari Kita menyatukan pikiran dan tenaga bersama sama membangun Daerah ini.Jujur sudah tiga kali mengirimkan surat , barulah hari ini disetujui.

Kita tau melakukan pembangunan Pos Lintas Batas Negara, cukup besar. Tahun ini dari APBD Natuna dikucurkan  untuk membangun  Serasan dan Serasan Timur Rp.27 milyar. Ditambah dana DAK, Jika ditotal, hampir Rp. 200 milyar. Jadi kalau ada isu Saya kurang perhatian ke Serasan, itu salah besar. Buktinya berkat perjuangan saya Serasan akan dibangun PLBN.ini merupakan bukti bahwa Saya cinta dengan masyarakat Serasan.

Sementara itu Kepala kantor Bea cukai Tanjung Pinang Sodikin mengatakan,kunjungan ke Natuna untuk  melihat dan meninjau sekaligus melakukan sosialisasi  terkait pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN)ucapnya saat dikonfirmasi wartawan. Sodikin tidak sendirian, Ia di damping  Seksi Umum Prasarana dan SDM.

Dikatakannya sesuai Intruksi Presiden  no 1 tahun 2019,maka pembangunan PLBN di kecamatan Serasan  akan difasilitasi oleh Negara. Ini tidak terlepas dari  kerja sama seluruh instansi,
bersinergi jadi satu.

Kedatangan Kami untuk mensosialisasikan tentang pemakaian  PAS. Gunanya untuk keringanan bagi masyarakat yang belanja ke Negara tetangga. Artinya barang- barang dari Negara Jiran Malaysia dibawa ke Serasan tidak Pajak.  Masyarakat  juga bisa keluar masuk. Namun demikian jumlah belanja nanti akan diatur. Intinya Bea cukai  hadir untuk persiapan, sarana dan prasarana SDM.

” Kita hanya mengurusi  masalah Pas bea masuk barang – barang”. Soal Paspor, itu wewenang Imigrasi”. Teknisnya mereka ucapnya lagi

Sementara itu camat Serasan Induk M.Amin, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati beserta rombongan, serta rasa Peduli Pemkab Natuna terhadap masyarakat Serasan, sehingga apa yang diangan-angankan warga kini kesampaian. Pos Lintas Batas Negara bakal dibangun. Ini akan membantu lajunya pertumbuhan ekonomi di Serasan. Ucapnya. /Roy.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.