Seni Teater Tradisi SMP Negeri 1 Plemahan Unjuk Kebolehan di Pekan Cipta Seni Pelajar Provinsi Jatim

Kediri, (MR)
SMP Negeri 1 Plemahan Kediri menunjukan lagi kiprahnya ke tingkat Provinsi  di ajang Pekan Cipta Seni Pelajar (PCSP). Kali ini melalui seni Teater Tradisi, dan baca puisi yang sebelumnya telah memenangi tingkat Kabupaten, oleh karena itu SMP Negeri 1 Plemahan ditunjuk dan berhak mewakili kabupaten Kediri menuju tingkat Provinsi.
Seni Teater Tradisi dianggotai 15 Siswa-Siswi (pemain) dan 1 Siswi baca puisi,kali ini sudah yang ke dua SMPN 1 Plemahan bisa mewakili kabupaten Kediri ke Provinsi, pertama tahun 2017 di FLS2N dan yang kedua tahun 2019 di PCSP, tingkatan umur 13-18 tahun.
Naskah Teater menampilkan cerita yang sudah ditunjuk oleh provinsi,tetapi Tim telah memberi kelonggaran pada pihak sekolah untuk menentukan temanya masing-masing, yang tetap menjunjung tinggi nilai sejarah daerahnya. Sehingga setiap Kontingen harus menampilkan tema sejarah yang ada di daerahnya masing-masing.
Tahun ini SMPN 1 Plemahan menentukan lakon “Dewata Cengkar Berkalung Surban” yaitu menampilkan tentang Ajisoko yang bisa menaklukkan Dewata Cengkar dikenal keangkuhannya,dan kerakusannya. Cerita ini menggambarkan tentang Segala kekuatan tanpa dibarengi dengan iman dan taqwa pasti akan binasa.Sosok Dewata cengkar yang rakus,akhirnya bisa ditumpas oleh Ajisoko, yang menginginkan kemenangan, maka dengan tekat yang kuat dapat menumpas habis kerakusan Dewata Cengkar.
Festival Teater Remaja Tingkat Provinsi diikuti seluruh Kota/Kabupaten sejawa Timur ,masing-masing mengirim kontingen terbaiknya untuk bersaing diajang PCSP tahun ini. Kemudian untuk Cipta Baca Puisi di ajang FLS2N 2019 Siswi dibawakan atas nama Maya Ruri. Anak yang memang berbakat,berpotensi dalam mencipta,dan membuat puisi sendiri,selanjutnya ditampilkan untuk diringking masuk nominasi 10 besar. Hal ini tentu sudah melalui kesesuaian tema,amanat,dan kreatifitas sehingga nantinya mendapat bobot penilaian yang baik. Karya puisi dibaca  sendiri dengan penuh keyakinan pasti akan memenangkan.
Pendamping mengatakan, “Kami tetap berharap untuk ajang tingkat Provinsi,baik Seni Teater Tradisi,maupun Cipta Baca Puisi peserta bisa menampilkan yang terbaik sesuai dengan semangatnya yang maksimal, semoga tetap bisa membawa nama baik Kabupaten Kediri,dan nama baik Sekolah,” ucapnya.
“Awalnya dulu sekolah belum memiliki ekstrakurikuler seni teater. Makanya sebelum penampilan, dirinya dengan dukungan kepala dan sekolah, benar-benar melakukan persiapan dengan menentukan judul pementasan yang akan disajikan.Kami dan seluruh warga SMPN 1 Plemahan sangat berharap untuk menampilkan terbaik bisa mengungguli pesaing-pesaingnya,” Imbuhnya.
Suzana Kuncahyanie (Kepala), “seni teater dan baca Puisi ini semakin berkembang lebih baik lagi ke depannya, dengan memberikan wawasan serta kesempatan siswa dalam mengasah bakat di dunia seni, juga lainnya, sehingga Sekolah SMPN 1 Plemahan bisa semakin eksis,” pungkasnya. >>Ags

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.