mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Sekolah Harus Pastikan Semua Siswa SD Lulus

Published on May 10 2013 // Berita Utama

Mendikbud Muhammad NuhJakarta,(MR)

Senin, (6/5/2013) sekitar 4 juta siswa Sekolah Dasar (SD) dan sederajat tingkat akhir melaksanakan Ujian Nasional (UN) tahun 2013 secara serentak di 33 provinsi. UN tingkat SD akan berlangsung selama 3 hari, dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia (Senin), Matematika (Selasa), dan IPA (Rabu). Mereka tersebar di 7.000 SD dan sederajat, baik sekolah yang dikelola pemerintah (negeri) maupun SD yang dikelola swasta di seluruh Indonesia.

Untuk memastikan pelaksanaan UN SD berjalan lancar, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah sekolah di Jakarta Barat. Sekolah tersebut adalah yang dijadikan lokasi sidak adalah SDN Kemanggisan 10 Pagi dan SD Bhakti Palmerah Barat, Jakarta Barat.

Seperti biasanya, Nuh memberikan pengarahan kepada guru/panitia pelaksana UN di sekolah, yang sudah hadir di sekolah sejak pukul 4.30 pagi ini. Kepada seluruh sekolah Mendikbud meminta untuk memastikan seluruh siswa SD tahun ini lulus, dan bisa melanjutkan ke tingkat SMP. Nuh juga meminta sekolah membangun posko antidrop out dan posko melanjutkan ke SMP.

“Tolong dikawal jangan sampai tidak ada yang tidak melanjutkan ke SMP. Terutama siswa dari keluarga tidak mampu, jangan sampai karena ketidakmampuan menyebabkan mereka tidak bisa melanjutkan ke tingkat selanjutnya,” kata Nuh saat melakukan sidak di SDN Kemanggisan 10 Pagi, Palmerah, Jakarta Barat, Senin, (6/5/2013) pagi

Nuh juga memastikan pelaksanaan semua soal UN untuk tingkat SD terjaga kerahasiaannya, alias tidak ada kebocoran. Ia juga memastikan UN dilaksanakan secara serentak di 33 Provinsi hari ini tanpa kendala. Sejak dua hari lalu, Kemdikbud telah mengerahkan petugas monitor ke seluruh provinsi untuk memastikan kesiapan UN SD berjalan sesuai rencana.

“Sejak kemarin kami monitor terkait dengan kesiapan naskah, panitia pelaksana, dan peserta UN sendiri. Semua naskah sudah tiba di setiap sekolah pagi ini dengan selamat. Saya kira pelaksanaannya semoga lancar,”kata Nuh.

Berbeda dengan soal UN SMP dan SMA yang substansinya sepenuhnya disusun oleh panitia pusat, soal UN SD hanya 25% yang berasal dari pusat, dan sisanya 75% oleh daerah. Termasuk tanggung jawab percetakan soal UN, sepenuhnya menjadi wewenang pemerintah daerah. >> Nugraha

Leave a comment