mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

SDN Centeh 6 Kota Bandung Dapat Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru

Published on Sep 20 2015 // Berita Utama

kelas 2kelas 1Bandung, (MR)
Mengacu pada undang-undang no 2 pasal 3 bab II tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional. Dalam rangka peningkatan kualitas mutu pendidikanlah adalah salah satu nya melalui program bantuan pembangunan ruang kelas baru (RKB) tahun anggaran 2015, yang digulirkan ke  10 Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang berada diwilayah kota Bandung. Dari beberapa sekolah dasar negeri (SDN) yang berkesempatan mendapat bantuan pembangunan ruang kelas baru (RKB) salah satunya SDN CENTEH  gugus 32  Kota Bandung. Untuk tahap pertama tahun anggaran 2014  sekolah tersebut sebelumnya telah mendapat bantuan bangunan 3 ruang kelas baru (RKB) lantai bawah yang pelaksana pembangunan nya dikerjakan secara kontraktual, dengan struktur bangunan untuk berlantai dua lantai, sedangkan untuk tahap berikutnya pelaksana pembangunan dikerjakan oleh pihak sekolah secara swakelola. Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Dasar telah menggelontorkan  bantuan dana senilai Rp 414.536.000.-, dana tersebut yang diperuntukan untuk pembangun 3 ruang kelas baru (RKB) berikut meubeuleir.

Kepala Sekolah SDN Centeh 6 Solihin S.Pd saat ditemui Media Rakyat belum lama ini diruang kerjanya menuturkan “dengan adanya bantuan dana pembangunan ruang kelas baru (RKB) sangat diharapkan untuk menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Bantuan dana pembangunan ruang kelas baru (RKB) dari pemerintah pusat sangatlah disyukuri oleh pihak nya dan komite, maupun warga sekolah. Bantuan telah direalisasikan sesuai juklak dan juknis yang telah ditentukan oleh pemerintah dengan efektif dan efesien, Kami segenap warga sekolah mengucap syukur, berkat kerja sama semua fihak, pelaksanaan pembangunan kelas baru (RKB) berjalan dengan lancar sesuai dengan spek dan perencanaan yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat, adapun dalam pelaksanaan pembangunan ruang kelas baru (RKB) fihaknya telah membentuk struktur panitia, antara lain penanggung jawab : Solihin S.Pd, ketua : Asep Usman Sofiyan S.Pd,  sekretaris : S.Tri H, bendahara : Agusman Djunaedi S.Pd S.Pd, anggota: Eman Suherman, Moch.Suwanto S.Pd, Hj. Dian Mulyaningsih S.Pd, Rina Haryanti S.Pd, Eva Novitasari S.Pd,” jelas  Solihin S.Pd.

Pihaknya dalam pelaksanaan pembangun ruang kelas baru (RKB) menggunakan material yang sesuai dengan juklak dan juknis yang telah ditentukan oleh pemerintah adapun pengerjaan yang telah dilaksanakan sebagai berikut pemasangan keramik, kusen pintu panel, kusen jendela memakai kayu borneo super, besi 13 mm spiral, untuk bagian atap menggunakan baja ringan dan genteng metal, disamping pengerjaan 3 ruang kelas baru yang telah dilaksanakan adapun pengerjaan tambahan pembahan dak untuk selasar teras belakang kelas sepajang kurang lebih 24 m dengan lebar 50 cm.

SDN Centeh mempunyai peserta didik  sebanyak 1181 orang siswa dengan didukung oleh tenaga pendidik (TENDIK) sebanyak 83 orang, sedangkan ruang kelas yang dimiliki sebelumnya hanya berjumlah 15 ruang kelas. Di tahun 2014 dan 2015 SDN Centeh  telah menerima bantuan pembangunan RKB sebanyak 6 lokal dari semula ruang kelas  yang tersedia hanya 15 lokal sekarang, ruang kelas bertambah menjadi 21 lokal ruang kelas.

Solihin S.Pd menyampaikan bahwa,” dengan dibangunan gedung ruang kelas baru (RKB) 6 lokal diharapkan proses kegiatan belajar mengajar(KBM) di SDN Centeh 6, dapat mengembangkan pembelajaran yang aktif, inovatif, efisien, kreatif,, efekti juga menyenangkan, meningkatkan disiplin warga sekolah meliputi Kepala Sekolah, guru dan seluruh siswa. Dengan sarana RKB  menanbah semangat belajar para peserta didik maupun tenaga pendidik akan lebih nyaman, sehingga para peserta dididk  akan mudah meraih prestasi,” pungkasnya. >>Usep Deni

Leave a comment