mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Rumah Kopi Jadi Ruang Baru Para Pecinta Kopi Dan Wisata Kabupaten Malang

Published on Jan 09 2018 // Berita Utama
Kabupaten Malang, (MR)
Janji Pemkab Malang mengembangkan potensi kopi di wilayahnya terus dibuktikan dengan kerja-kerja nyata. Untuk mengangkat potensi kopi yang luar biasa di Kabupaten Malang, khususnya kopi robusta dan arabica di  wilayah Ampelgading, Sumbermanjing, Tirtoyudo dan Dampit (Amstirdam), Pemkab Malang melaunching Rumah Kopi di Pendopo Pemkab Malang, Minggu (31/12/2017).
Rumah kopi ini lokasinya berada di bagian depan sebelah timur Pendopo Pemkab Malang, Jl Agus Salim yang merupakan bekas Koperasi Kartini. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara mengatakan rumah kopi ini diharapkan menjadi wadah yang efektif untuk mengenalkan potensi kopi yang dimiliki Kabupaten Malang.
“Kabupaten Malang menyimpan potensi kopi dengan kualitas rasa yang khas. Nah, di sini masyarakat maupun wisatawan bisa menikmati beragam jenis kopi khas Kabupaten Malang yang luar biasa,” kata Made disela-sela launching branding Rumah Kopi Amstirdam Kabupaten Malang di hadapan para tamu undangan, Minggu (31/12) siang. Menurutnya, Rumah Kopi ini menjadi salah satu tempat di indonesia yang siap menyuguhkan beragam sajian kopi Kabupaten Malang. Selain menyajikan aneka kopi khas Kabupaten Malang, Rumah Kopi ini ini difungsikan sebagai Tourism Information Centre (TIC) Kabupaten Malang.
“Jadi wisatawan yang ingin mengetahui segala informasi tentang pariwisata Kabupaten Malang bisa datang ke sini. Mereka akan bisa mengorek info tentang wisata sebanyak-banyaknya sambil bersantai ria menikmati minuman kopi yang enak,” paparnya.
Disinggung berapa jenis kopi yang disiapkan di Rumah Kopi, Made.menjelaskan ada sekitar 174 jenis kopi yang bisa dinikmati masyarakat dan wisatawan luar daerah. “Wisatawan di sini bisa pesan kopi hangat atau es kopi, bebas. Rasanya original tanpa ada bahan campuran,” ucapnya.
Made menerangkan kopi Kabupaten Malang memiliki sejumlah keunggulan hingga mampu go Internasional khususnya kopi dari wilayah Ampelgading, Sumbermanjing, Tirtoyudo dan Dampit (Amstirdam). “Kami punya kopi andalan namanya kopi Amstirdam. Ada varian robusta dan arabica rasanya enak dan ada asamnya,” papar pria asal Bali itu dihadapan Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna dan para Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Malang, penggiat pariwisata dan pecinta kopi.
Acara launching Rumah Kopi Amstirdam diawali dengan minum kopi bersama lalu Bupati Malang Dr H Rendra Kresna menggunting bunga di depan pintu masuk Rumah Kopi Amstirdam dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng.
Bupati Rendra Kresna lalu berkeliling meninjau Rumah Kopi didampingi Wakil Bupati Sanusi dan Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara. Bupati Malang Dr H Rendra Kresna menyampaikan keberadaan Rumah Kopi ini diharapkan menjadi ruang informasi baru yang efektif bagi wisatawan.
“Mereka bisa bertanya-tanya dan membaca buku sambil menikmati aneka jenis kopi yang dimiliki Kabupaten Malang. Saya yakin dalam suasana itu wisatawan akan dengan mudah mengenal wisata Kabupaten Malang dengan cepat,” jelas Rendra. >>GIT

Leave a comment