mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

PTS Belum Terakreditasi Dilarang Keluarkan Ijazah

Published on Mar 24 2012 // Pendidikan

Semarang, (MR)

PERGURUAN tinggi swasta yang belum terakreditasi terancam bakal tak bisa mengeluarkan ijazah, kata Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah, Prof Mustafid. “Sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) menentukan selambat-lambatnya pada tanggal 16 Mei 2012 perguruan tinggi harus sudah terakreditasi,” katanya di Semarang, Selasa.

Hal tersebut diungkap di sela Rapat Koordinasi Pimpinan PTS Bidang Akademik di Kantor Kopertis VI Jateng, seraya mengatakan PT yang belum terakreditasi nantinya tidak diperbolehkan untuk menerbitkan ijazah.

Padahal, kata dia, dari sekitar 1.000 program studi yang ada di seluruh PTS di Jateng, masih ada sekitar 30 persen di antaranya yang belum terakreditasi sehingga terancam tidak diperbolehkan menerbitkan ijazah. “Sesuai PP itu hanya PT yang terakreditasi yang boleh menerbitkan ijazah. Padahal, batas waktu akreditasi paling lambat pada 16 Mei 2012, jika sampai saat itu belum terakreditasi ya tidak bisa mengeluarkan ijazah,” katanya.

Karena itu, kata dia, pihaknya terus mendorong seluruh PTS di wilayah Jateng untuk segera mengajukan akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT, tentunya mengejar sisa waktu sebelum tanggal 16 Mei 2012.

Ditanya kendala akreditasi, ia mengakui selama ini PTS memang memiliki beberapa kendala dalam mengajukan akreditasi, seperti jumlah dosen yang memenuhi persyaratan, yakni berpendidikan minimal strata 2 (S2). >> Irman Idrus

 

Leave a comment